12 Mobil Klasik Terfavorit di Indonesia

Mobil klasik memang selalu mendapat perhatian khusus oleh penggemar otomotif, di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Karena yang namanya mobil klasik biasanya akan memberikan kesan dan semacam sentuhan emosional bagi penikmatnya, meskipun hanya dengan memandangnya.

Sabtu, 30 Agustus 2014 09:15
12 Mobil Klasik Terfavorit di Indonesia Beberapa mobil klasik favorit (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil klasik memang selalu mendapat perhatian khusus oleh penggemar otomotif, di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Karena yang namanya mobil klasik biasanya akan memberikan kesan dan semacam sentuhan emosional bagi penikmatnya, meskipun hanya dengan memandangnya.

Definisi klasik tidak hanya sempit pada kisaran usia dan nama saja, tapi dengan jumlah, kondisi body, tingkat kelangkaan dan yang pasti bentuknya. Mobil klasik juga secara instan akan memberikan citra nostalgia pada para penggemarnya.

Yang mengejutkan, mobil klasik tidak hanya digemari oleh kalangan yang sudah berusia, tapi penggemar mobil klasik ternyata tak sedikit yang datang dari masyarakat berusia tidak sampai dengan 40 tahunan.

Di bawah ini adalah beberapa mobil klasik yang paling 'berkesan' bagi banyak masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya masih dijual bebas, dan sedikit di antaranya merupakan edisi ekstra langka. Sudah siap bernostalgia, Juragan?

1 dari 12 Halaman

Alfa Romeo Duetto Spider

Alfa Romeo Duetto Spider

Jauh sebelum si futuristik Alfa Romeo Spider 4c muncul, di kisaran tahun 1970-an mobil ini telah membius banyak sekali penggemar mobil klasik. Alfa Romeo Duetto Spider memang terlihat berbeda sekali modelnya dengan Alfa Romeo 4C yang baru-baru ini dihebohkan, hanya saja Alfa Romeo Duetto Spider terlihat memiliki karakter futuristik yang khas sekali.

2 dari 12 Halaman

Mini Morris

Mini Morris

Siapa yang tidak mengenali mobil ini dari bentuk dan ukurannya? Kalau tidak Rowan Atkinson yang jadi aktor utama pengemudi Mini Morris yang legendaris ini. Efeknya, karena eksistensi serial televisi Mr. Bean pulalah yang membuat Mini Morris buatan 1976 ini menjadi favorit banyak masyarakat di Indonesia

3 dari 12 Halaman

Toyota AE86

Toyota AE86

Satu lagi mobil yang terkenal karena efek dari film adalah Toyota AE86 yang menjadi terkenal karena eksistensi film Initial D.

Kemampuan drifting yang ditampilkan pada film Initial D membuat AE86 juga secara sugestif mampu membuat penggemar mobil lawas Toyota semakin jatuh cinta. Design headlampnya mempunyai mekanisme yang hampir sama dengan Mazda Astina, yang bisa di keluarkan dan dimasukkan.

4 dari 12 Halaman

Holden Kingswood

Holden Kingswood

Diantara banyak Holden yang masuk Indonesia, salah satu yang paling disukai adalah Holden Kingswood. Salah satu alasannya adalah bentuknya yang paling konsisten serta terlihat mewah pada jamannya. Dibuat pada generasi pertama tahun 1968, dan sampai saat ini masih banyak sekali digemari di Indonesia.

5 dari 12 Halaman

Chrysler Imperial Ghia

Chrysler Imperial Ghia

Chrysler yang juga masuk ke pasar Indonesia sebenarnya secara khusus hanya membuat beberapa unit untuk Imperial Ghia, yang salah satu tipe limousinnya diproduksi tahun 1959 sejumlah 6 unit saja. Salah satu kenapa mobil ini begitu spesial adalah karena satu dari 6 unit tersebut dimiliki oleh presiden pertama Bung Karno pada masa pemerintahannya.

6 dari 12 Halaman

Fiat 1200

Fiat 1200

Sebelum Fiat yang belakangan cukup booming dengan eksistensi Fiat 500 dan seri Abarth untuk type racingnya, beberapa dekade sebelumnya perusahaan asal Italia ini juga sudah cukup sukses mengisi ruas jalan-jalan di Indonesia dengan Fiat 1200 klasik. Beberapa tipe dari Fiat 1200 memiliki atap terbuka, sehingga kesan safarinya sangat kental.

7 dari 12 Halaman

Volvo 960

Volvo 960

 

Secara usia, mobil ini bisa dikatakan yang paling muda karena lahirnya generasi Volvo 960 adalah mendekati tahun 90an. Volvo ini jadi mobil favorit pada jamannya. Karena pada tahun-tahun tersebut, di Indonesia Volvo 960 sempat memiliki reputasi yang mengalahkan mobil-mobil sekelas asal Asia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

 

 

8 dari 12 Halaman

Toyota Corolla DX

Toyota Corolla DX

Generasi Corolla yang legendaris memiliki garis keturunan yang cukup panjang dari awal keluarnya, yakni sekitar tahun 1966 pada generasi awal yang memiliki nama E10.

Toyota Corolla DX sampai sekarang masih diperjualbelikan dengan jumlah yang banyak di Indonesia, selain karena mobil ini secara harga cukup terjangkau, onderdilnya juga masih sangat mudah didapatkan.

9 dari 12 Halaman

Mercedes Benz 280SE

Mercedes Benz 280SE

Mercy tidak pernah ketinggalan untuk memproduksi mobil mewah, termasuk mobil mewah di jamannya, Mercedes Benz 280SE. Populer di seluruh dunia sejak tahun 1960an membuat mobil ini juga tergolong legendaris.

Di Indonesia mobil ini sangat digilai oleh kolektor, baik kolektor mobil klasik, maupun kolektor Mercedes Benz sendiri. Desainnya menampakkan satu kemewahan dan eksklusifitas ala pejabat.

10 dari 12 Halaman

Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle

Si Kodok legendaris, selalu mencuri perhatian siapapun yang dilewatinya. Deru mesin khas ala Volkswagen yang ada di bawah kap mesin Beetle, bentuknya yang unik, sekaligus legendarisnya model Beetle membuat mobil ini di beberapa daerah di Indonesia selalu dihargai amat tinggi.

 

Volkswagen yang berusaha merestorasi dengan eksistensi New Beetle sepertinya tidak akan mampu menghilangkan pesona dari Beetle lawas yang diproduksi tahun 1960an.

11 dari 12 Halaman

Volkswagen Kombi

Volkswagen Kombi

Volkswagen memang terkesan sangat jago untuk membuat mobil klasik masuk ke hati banyak orang. Volkswagen Kombi yang dengan nama lain biasa disebut Bus mulai disebarluaskan pada tahun 1960an.

Bahkan kabarnya juga mulai diproduksi dan dipasarkan di wilayah lokal Wolfsburg, Jerman sejak tahun 1935. Di seluruh dunia termasuk Indonesia, Kombi sendiri juga sering jadi bahan modifikasi untuk keperluan wisata dan tamasya seluruh keluarga.

12 dari 12 Halaman

Jeep Willys

Jeep Willys

Rasanya Jeep perlu berbangga karena di Indonesia Willys jadi salah satu mobil dengan reputasi terbaik untuk kelas klasik. Willys yang legendaris sudah dipergunakan sejak jaman Perang Dunia pertama dan kedua.

Sehingga sampai saat ini, klub-klub Jeep Willys di Indonesia akan dengan sangat bangga memamerkan mobilnya, sepaket dengan eksistensi dan nilai sejarah yang disematkan pada Jeep Willys.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami