12 Karakter Pemilik Mobil Dibalik Warna Favorit

Warna mobil pilihan ternyata mewakili banyak hal mengenai kepribadian pemiliknya. Menurut penelitian, ada keterkaitan antara keseimbangan emosi dan warna mobil dari para pemiliknya.

Selasa, 22 Januari 2013 18:50
12 Karakter Pemilik Mobil Dibalik Warna Favorit Mitsubishi Mirage

Editor : Anton

Otosia.com - Warna mobil pilihan ternyata mewakili banyak hal mengenai kepribadian pemiliknya. Sebuah penelitian yang dilakukan CNM Marketing Research, perusahaan riset marketing di bidang otomotif asal Amerika Serikat, menemukan keterkaitan antara keseimbangan emosi dan warna mobil dari para pemiliknya.

Menurut ilmu pengenalan tentang warna, Colour Psychology atau psikologi warna, warna bisa dipakai sebagai penentu perilaku manusia. Apapun perkembangannya, warna menjadi sesuatu yang penting, termasuk di dunia otomotif.

Warna pun sangat mendukung tampilan serta 'imej' dari sebuah mobil. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui warna-warna yang bisa memiliki kesan berbeda-beda untuk mobil-mobil yang Anda miliki.

1 dari 12 Halaman

Merah

Merah

Makna Positif : Keberanian fisik, kekuatan, kehangatan, energi, ‘fight or flight’, stimulasi, maskulinitas, kegembiraan
Makna Negatif: Defiance, agresif.

Merah yang dianggap seksi dan eye catching, mencerminkan karakter yang cenderung agresif, gesit, penuh energi dan dinamis, mirip dengan warna kuning yang ceria. Tetapi meskipun agresif dan ceria, mereka ternyata tak terlalu pede alias percaya diri.        

Merah adalah warna yang kuat. Meskipun tidak secara teknis yang paling terlihat, ia memiliki properti untuk tampil agar lebih dekat daripada warna yang lain. Oleh karena itu pengguna warna merah mampu mencuri perhatian kita pertama kali.

Efek warna merah adalah merangsang secara fisik dan meningkatkan denyut nadi, memberi kesan bahwa waktu berlalu lebih cepat dari itu. Mobil-mobil yang mengunggulkan kecepatan, identik dengan warna merah, seperti misalnya Ferrari.

2 dari 12 Halaman

Biru

Biru

Makna Positif: Kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, kesejukan dan refleksi
Makna Negatif: Dingin, sikap acuh tak acuh, kurang emosi dan tak ramah (kurang hangat)

Penyuka warna biru mencirikan karakter seseorang yang cool alias tenang, cerdas, efisien, komunikatif dan pembawa kesejukan. Namun sayang, sikap acuh tak acuh, 'adem ayem' dan tak ramah membuatnya terlihat kurang bergairah dan tak bersemangat.

Biru adalah kebalikan dari merah dan merupakan warna pikiran serta menenangkan. Biru yang kuat akan merangsang pemikiran yang jernih dan ringan, biru lembut akan menenangkan pikiran dan konsentrasi bantuan. Biru adalah warna favorit dunia dan menjadi warna komunikasi yang jelas.

3 dari 12 Halaman

Kuning

Kuning

Makna Positif: Optimis, kepercayaan diri, harga diri, kekuatan emosional, keramahan dan kreatif
Makna Negatif: Irasional, ketakutan, kerapuhan, emosional depresi dan kecemasan

Panjang gelombang kuning relatif lama dan pada dasarnya sifatnya 'merangsang' atau menstimulus emosional. Maka tak heran jika kuning menjadi warna terkuat secara psikologis.

Penyuka warna mobil kuning memiliki kepercayaan diri dan optimisme yang cukup tinggi, sementara kuning emas mencerminkan karakter pemuja kenyamanan. Namun optimisme yang berlebihan tersebut terkadang malah menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan.

4 dari 12 Halaman

Abu-Abu

Abu-Abu

Makna Positif: Netral dan stabil
Makna Negatif: Kurang percaya diri, kelembaban, depresi, dan kurang berenergi

Penyuka warna mobil abu-abu mencerminkan sifat bijaksana, praktis, dewasa, stabil, tenang dan bisa diandalkan. Selain itu, warna abu-abu juga bisa mengandung arti lamban, kuno, lemah dan membosankan.

5 dari 12 Halaman

Hijau

Hijau

Makna Positif: Harmony, keseimbangan, penyegaran, ramah lingkungan, dan kedamaian
Makna Negatif: Kebosanan, stagnasi, dan kurang tenaga

Hijau yang tidak terlalu popular, ternyata mencerminkan pilihan individu dengan kepercayaan diri paling besar. Untuk hijau tua mencerminkan tradisional, dapat dipercaya dan seimbang. Warna hijau zamrud, mencerminkan sang empunya punya cara pandang positif atau optimis.

Warna hijau yang mencolok mata sedemikian rupa tidak memerlukan penyesuaian apapun dan karena sifatnya yang menenangkan. Berada di tengah spektrum, itu adalah warna keseimbangan. Hijau melambangkan alam, kehidupan dan simbol kesuburan.

6 dari 12 Halaman

Ungu

Ungu

Makna Positif: Spiritual, visi, kemewahan, originalitas, kebenaran dan kualitas
Makna Negatif: Introvert, penindasan, dan rendah diri

Penyuka warna mobil ungu adalah orang yang memiliki pemikiran yang mendalam serta susah ditebak. Nilai-nilai spiritualitasnya cukup tinggi, tak suka dengan kehidupan yang glamour, serta sangat tertutup.

7 dari 12 Halaman

Oranye

Oranye

Makna Positif: Kenyamanan fisik, kehangatan, keamanan, sensualitas, gairah, dan menyenangkan
Makna Negatif: Perampasan, frustrasi, kesembronoan dan ketidakdewasaan

Penyuka warna mobil oranye mencerminkan karakter yang ceria, senang berbicara namun plin-plan. Sebagai kombinasi antara merah dan kuning, oranye adalah 'merangsang' dan reaksi itu adalah kombinasi dari fisik dan emosional.

Namun jika tak 'kebablasan', keramahan malah berubah makna menjadi kesembronoan dan kurangnya intelektualitas.

8 dari 12 Halaman

Merah Muda

Merah Muda

Makna Positif: Ketenangan fisik, kehangatan, feminin, cinta, seksualitas dan simbol kelangsungan hidup manusia
Makna Negatif: Inhibisi dan kelemahan fisik

Warna merah muda atau pink adalah cewek banget alias feminin dan disukai banyak wanita. Karakter penyuka warna ini adalah kelembutan dan menenangkan, tapi kurang bersemangat dan membuat energi melemah.

Seperti halnya warna merah, merah muda juga mempengaruhi seseorang secara fisik, tapi menenangkan dan bukan merangsang.

9 dari 12 Halaman

Hitam

Hitam

Makna Positif: Kecanggihan, glamour, keamanan, keselamatan emosional dan efisiensi
Makna Negatif: Penindasan, dingin dan ancaman

Hitam adalah semua warna, benar-benar diserap. Implikasi psikologis yang cukup besar. Ini menciptakan hambatan pelindung, karena menyerap semua energi yang datang ke arah Anda. Hitam mengkomunikasikan keunggulan kecanggihan dan tak kenal kompromi, serta bekerja sangat baik dengan putih.

Hitam dan silver merupakan warna legendaris penggemar mobil. Warna tersebut sangat popular, baik di aliran elegan maupun di komunitas sport.

Di pasar mobil, hitam termasuk yang paling laris. Hitam mencerminkan karakter sosok yang kuat, tak mudah dimanipulasi dan menghargai klasik. Namun sayang, pemilik mobil warna hitam, memiliki kepercayaan dirinya paling rendah di antara semua warna.

10 dari 12 Halaman

Putih

Putih

Makna Positif: Kebersihan, kesucian, kejelasan, kemurnian, kebersihan dan kesederhanaan
Makna Negatif: Sterility, dingin, hambatan dan elitisme

Jika hitam adalah total penyerapan, putih adalah refleksi total. Warna ini mencerminkan kekuatan penuh spektrum ke mata kita. Penyuka warna mobil putih biasanya berkarakter penyuka kebersihan, terbuka dan mudah berkomunikasi dengan orang lain.

Namun sayang, mereka terkadang memberi kesan ingin menonjolkan diri dan agak berlebihan alias 'lebay'.

11 dari 12 Halaman

Perak

Perak

Makna Positif: Glamor, high-class dan anggun
Makna Negatif: Pengkhayal dan kurang tulus

Warna perak mencerminkan pemiliknya yang menyukai tampilan futuristik dan elegan. Terdapat hal yang kurang menyenangkan dari penyuka warna perak, yakni penyuka warna ini cenderung cerewet dan suka pilah-pilih.

12 dari 12 Halaman

Cokelat

Cokelat

Makna Positif: Keseriusan, kehangatan, natural, handal dan memotivasi
Makna Negatif: Kurang humor, membosankan dan stagnan

Para penyuka warna mobil cokelat mencerminkan dasar dan selera yang sederhana. Coklat tua mengisyaratkan orang yang rendah hati dan tak suka melakukan pendekatan tak masuk akal.

Mereka memiliki tingkat keseriusan yang hampir sama dengan hitam, tapi lebih hangat dan lembut. Hal ini dikarenakan adanya unsur sifat merah dan kuning.

Cokelat memiliki asosiasi dengan bumi dan alam, serta merupakan warna solid yang dapat diandalkan banyak orang. Sebaliknya, hitam cenderung bersifat menekan.

(kpl/bun)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami