10 Ulah Oknum Negara 'Bobol' Jalur Busway

Sudah banyak sekali pelanggaran jalur Busway selama ini. Aparat kepolisian seringkali melakukan penertiban dan razia secara rutin. Namun, masih saja, pelanggaran tetap terjadi.

Minggu, 10 November 2013 18:15
10 Ulah Oknum Negara 'Bobol' Jalur Busway Ulah oknum negara

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Sudah banyak sekali pelanggaran jalur Busway selama ini. Aparat kepolisian seringkali melakukan penertiban dan razia
secara rutin. Namun, pelanggaran masih saja tetap terjadi.

Menariknya lagi, aturan jalur busway ini sudah jelas-jelas tidak boleh dilewati oleh siapa pun, kecuali bus transjakarta itu sendiri, termasuk aparat pemerintahan. Tapi, fakta di lapangan menunjukkan kebalikannya.

Justru para penegak hukum melakukan kecurangan dengan melintasi dan melenggang bebas melewati jalur khusus ini. Penegak hukum mestinya sadar hukum juga, bukan malah melanggar hukum yang mereka tegakkan.

Alih-alih menjadi penegak hukum, bukan berarti boleh semaunya melanggar hukum itu sendiri. Sekarang, siapa sajakah para oknum penegak hukum ini yang sempat 'kepergok' kamera tengah melanggar jalur busway? Berikut
sepuluh ulah oknum negara 'bobol' jalur Busway versi otosia berdasarkan Twitter @MasukBusway.

 

1 dari 10 Halaman

Mobil Dinas TNI

Mobil Dinas TNI

Aparatur negara yang satu ini sepertinya cukup malas untuk antri di macetnya Jakarta siang hari itu. Terlihat dari  gambar yang diambil, lalu lintas memang cenderung padat.

Salah satu jalan yang cukup aman buat menembus macetnya jalan ini, tentu dengan melewati ruas jalur Busway. Terlihat juga beberapa  kendaraan lain juga melenggang melalui jalan ini. Tapi, sebagai aparatur negara apakah harus mengikuti mereka juga?

2 dari 10 Halaman

Mobil Dinas Polisi

Mobil Dinas Polisi

Jika Pak Polisi sendiri yang melanggar jalur ini, siapakah yang pantas menilang petugas pelanggar ini?

 

Pertanyaan  besar itu pun tentu muncul dari banyak kalangan. Seperti yang terlihat dari gambar di atas, aparat penegak hukum ini justru memanfaatkan jalur busway yang lengang guna menembus kemacetan.

3 dari 10 Halaman

Polisi Kawal Lamborgini

Polisi Kawal Lamborgini

Ini juga pelanggaran yang cukup heboh dikalangan media. Mobil PJR Polisi justru melenggang mengawal sebuah supercar  guna melewati kemacetan.Tentu, sifat diskriminatif Polisi ini menuai banyak kecaman hebat.

Kritikan seperti ini pun tentu sangat beralasan. Disaat yang lain harus beramai-ramai menahan sabar karena macet, 
supercar itu justru bisa melenggang bebas melewati jalur busway.

 

Selain itu dari sejumlah keterangan, mobil pengawal polisi ini memaksa bus Kopaja untuk melanggar lalu lintas. Instruksi tersebut diberikan melalui speaker mobil. Ironis bukan?

4 dari 10 Halaman

TNI Bermotor

TNI Bermotor

Honda Vario bernopol B 6551 UPJ ini sepertinya cukup nyaman melintasi jalur Busway. Padahal terlihat dari gambar,  kondisi ruas jalan utama tidak begitu ramai.

Ironisnya lagi, ternyata pelanggar tersebut adalah seorang anggota TNI lengkap dengan seragam dinas-nya. Meski 
seorang TNI, aturannya sepertinya sudah jelas.

 

Menurut peraturan pemerintah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007, pasal 2 ayat 7, "Kendaraan bermotor roda dua atau lebih dilarang memasuki jalur busway".

5 dari 10 Halaman

Topi Dinas Kepolisian

Topi Dinas Kepolisian

Apakah yang berbeda dari gambar di atas? Hanya sebuah topi dinas Kepolisian. Namun, pengemudi Mitsubishi Pajero  Sport ini sepertinya cukup santai saat melintas jalur Busway Apalagi bersenjatakan topi itu dipampangkan di atas dashboard  mobilnya.

 

Tidak diketahui pasti siapa pengemudi di dalamnya. Tapi hal ini justru malah menambah daftar citra buruk Kepolisian  sebagai penegak hukum. Yakni, melanggar hukum yang mestinya ia tegakkan.

6 dari 10 Halaman

Mobil Jenderal

Mobil Jenderal

Kendaraan apa pun sudah sangat tegas dilarang untuk melewati jalur busway ini. Tapi, kali ini justru mobil aparatur  negara berpangkat Jendaral menerobos jalur Busway. 

 

 Siapa pun pengemudi mobil ini, Bapak Jenderal-nya atau pun orang lain, pastinya sudah tahu jika jalan ini terlarang  untuknya. 

7 dari 10 Halaman

Hyundai Kepolisian

Hyundai Kepolisian

Mobil Hyundai milik Kepolisian ini sangat jelas sedang menerobos jalur Busway untuk menembus kemacetan Jakarta. Trik  seperti ini pastinya sangat tidak lazim digunakan, apalagi oleh aparat penegak hukum, Polri.

 

Sebagai penegak hukum, tentu sudah sewajarnya untuk menertibkan para pelanggar hukum. Tapi fakta di lapangan, Pak  Polisi ini sepertinya sedang lupa dengan aturan yang sudah dibuat.

8 dari 10 Halaman

Polisi Boncengan

Polisi Boncengan

Sepasang Pak Polisi ini sepertinya cukup santai melaju tepat di belakang Bus Transjakarta.

Sangat aneh ketika  mereka seharusnya memberikan tilang kepada  pelanggar jalur, tetapi justru mereka yang sebaiknya ditilang. Lalu siapa yang harusnya menilang?

 

9 dari 10 Halaman

Mobil Layanan Polisi

Mobil Layanan Polisi

Meski sama besarnya dengan bus Transjakarta, jenis bus untuk layanan SIM milik Kepolisian ini tentu tidak benar jika  melewati jalur busway.

 

Meski dalam keadaan darurat untuk memberikan layanan kepada masyarakat, aturan  pemerintah yang seharusnya petugas ini tegakkan tentu tidak boleh dilanggar.

10 dari 10 Halaman

Polisi Bermotor

Polisi Bermotor

Mungkin Pak Polisi ini juga sedang lupa bahwa sedang melintas di jalur busway.

Meski bus yang ada di depannya  bertuliskan 'Mau nyelonong masuk jalur Busway Malu Dong', tetap saja Pak Polisi ini sangat santai menikmati  perjalanannya.

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami