10 Tunggangan Bertenaga Hidrogen Paling Luar Biasa!

Seiring dengan hadirnya teknologi yang kian canggih, pamor tunggangan bertenaga bensin atau diesel biasa pun diyakini takkan lama lagi akan surut. Kini sudah jamannya mobil bertenaga hidrogen yang berjaya!

Selasa, 25 Februari 2014 16:15
10 Tunggangan Bertenaga Hidrogen Paling Luar Biasa! Kumpulan mobil bertenaga hidrogen paling 'sangar'!

Editor : Sony

Otosia.com - Di tengah ramainya isu lingkungan yang semakin mengkhawatirkan akhir-akhir ini membuat para produsen otomotif harus bisa berkreasi dan menciptakan tunggangan yang tak hanya ekonomis tapi juga ramah lingkungan. Tak heran jika mobil-mobil dengan sistem hybrid dan mesin yang menggunakan bahan bakar alternatif kini makin naik daun.

Seiring dengan hadirnya teknologi yang kian canggih, pamor tunggangan bertenaga bensin atau diesel biasa pun diyakini takkan lama lagi akan surut. Pasalnya, kini telah bermunculan mobil yang menggunakan sumber tenaga hidrogen yang selain akan lebih ramah lingkungan juga akan jauh lebih irit.

Ide mobil bertenaga hidrogen sendiri pertama kali muncul lebih dari 200 tahun yang lalu, yakni di pada tahun 1807 saat Francois Isaac de Rivaz mematenkan kendaraan bertenaga hidrogen pertama ciptaannya. Sejak saat itu, bermunculan ide dan konsep pengembangan serta pemanfaatan tenaga hidrogen sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Kini akan kami sajikan 10 tunggangan bertenaga hidrogen dengan desain paling keren yang pernah dibuat sepanjang sejarah. Simak selengkapnya berikut ini!

1 dari 10 Halaman

Mitsubishi Nessie

Mitsubishi Nessie

SUV keren yang satu ini namanya Mitsubishi Nessie. Diperlihatkan secara resmi dalam pagelaran Geneva Auto Show 2005 lalu, konsep mobil bertenaga hidrogen ini dikembangkan oleh Mitsubishi Motors dengan bantuan Italdesign Giugiaro dan The Linde Group.

Tampang Nessi yang 'kece' berasal dari desain custom bodywork oleh Italdesign yang menggunakan platform milik Mitsubishi Pajero. Nampak makin kokoh dan tangguh berkat kaki-kaki yang tinggi dengan velg berukuran 22/23 inch (depan/belakang).

Keren dan tangguh tentunya harus berjalan berdampingan bukan? Oleh karena itu, si Nessie ini dapur pacunya diisi dengan mesin V8 bertenaga hidrogen yang mantap namun tetap ramah lingkungan.

Sayangnya, 'monster' tampan yang mengadaptasi sistem penggerak empat roda (4WD) bertransmisi otomatis ini tak pernah dimasukkan dapur produksi oleh Mitsubishi.

2 dari 10 Halaman

Suzuki Ionis

Suzuki Ionis

Tunggangan unik yang terlihat seakan berasal dari masa depan ini namanya Suzuki Ionis. Ia pertama kali dipublikasikan oleh Suzuki sekitar 9 tahun lalu dalam pagelaran Tokyo Motor Show 2005. Desainnya yang unik dan futuristik sempat mencuri perhatian sebagian besar pengunjung TOkyo Motor Show kala itu.

Ionis yang termasuk dalam segmen mobil berukuran mini memiliki desain unik yang apik dengan garis tegas di bagian wajah. Ia juga dipasangi windscreen warna silver serta rear slide doors yang membuatnya terkesan mewah.

Begitu masuk ke dalam kabin, si pengemudi disuguhi dengan interior yang seluruhnya bertemakan masa depan. Lingkar kemudinya dibuat seperti kemudi pesawat dengan dashboard bergaya super modern namun klasik dengan Thin Film Transistor (TFT) monitor.

Suzuki Ionis mendapatkan tenaganya dari hydrogen fuel cell yang dipasang di area bawah atapnya. Dengan begitu, ruang kabin bisa lebih luas tanpa harus mengorbankan space untuk mesin.

3 dari 10 Halaman

Ford F-250 Super Chief

Ford F-250 Super Chief

Produsen asal Amerika, Ford, juga pernah menciptakan sebuah mobil revolusioner dengan sistem bahan bakar Tri-Flex pertama di dunia. Tunggangan sangar bernama Ford F-250 Super Chief tersebut mampu berjalan baik menggunakan bahan bakar bensin, E85 maupun bahan bakar hidrogen.

Ford F-250 Super Chief yang muncul pertama kali pada tahun 2006 ini seolah langsung membawa segmen pick-up truck Ford ke level yang lebih tinggi. Berbekal penampilan super macho yang tangguh dengan eksterior bergaya stainless ala Amerika, ia dengan mudah mengalahkan para pendahulunya seperti Ford F-250 Super Crew dan F-250 King Ranch.

Tak hanya bagian luarnya saja, bagian dalam kabin tunggangan super ini dibuat seantik dan se-elegan mungkin. Atapnya dibuat tembus pandang berbahan kaca yang dibungkus rapi dengan kulit. Kenyamanan penumpang makin terjamin berkat jok dengan bantalan ekstra yang terpisah untuk masing-masing jok. Nuansa mewah nan klasik juga makin terasa dengan balutan warna rich brown yang apik.

Belum berhenti disitu kehebatan mobil yang satu ini. Bagian dapur pacunya diisi oleh mesin V10 dengan supercharger yang bisa menggunakan tiga macam bahan bakar, yakni hidrogen, E85 dan bensin. Kala berjalan dengan tenaga hidrogen Ford F-250 Super Chief ini mampu menghemat bahan bakar hingga 12 persen.

4 dari 10 Halaman

Cadillac Provoq

Cadillac Provoq

Tahun 2008 lalu, General Motors (GM) melepas tunggangan crossover mewah berjudul Cadillac Provoq ini di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2008. Didesain sebagai sebuah mid-size SUV dengan 4-pintu dan muat hingga 5 penumpang, mobil ini menggambarkan visi green car masa depan dengan teknologi dan desain menawan.

Berpenampilan keren dan macho, Cadillac Provoq hadir dalam wujud sebuah crossover luxury unik dengan mencapai panjang 4.5 meter yang muat diisi hingga 5 orang penumpang.

Untuk dapur pacunya, mobil dengan sistem penggerak Front-Wheel Drive (FWWD) ini mengusung fuel cell generasi kelima ciptaan GM yang dibantu dengan lithium ion battery pack 90kWH.

Selain itu, Provoq juga punya sistem plug in dan dua tangki hidrogen 6kg yang kalau semuanya dalam kondisi full bisa membawa mobil ini hingga jarak 300 mil atau kurang lebih 482km.

5 dari 10 Halaman

Mercedes-Benz Daimler Ener-G-Force

Mercedes-Benz Daimler Ener-G-Force

Mewakili nama produsen otomotif paling tersohor asal Jerman, Mercedes-Benz, Daimler Ener-G-Force pertama kali terlihat secara utuh di ajang Los Angeles Auto Show tahun 2012 lalu.

Dengan desainnya yang radikal namun tetap memancarkan aura futuristik yang garang, mobil ini menjanjikan pengalaman berkendara di medan offroad dengan berbagai kemewahan yang menjadi ciri khas Mercy.

Kalau berdasarkan konsepnya, Ener-G-Force ini bakal jadi salah satu kendaraan paling 'hijau' alias paling ramah lingkungan dengan teknologi yang disebut 'hydro-tech converter' miliknya. Teknologi ini bertugas untuk mengubah air menjadi hidrogen yang kemudian akan dipakai untuk menjadi bahan bakar fuel cell mobil tersebut. Dengan begitu, yang akan keluar dari pipa knalpotnya bukan lagi polusi dan asap yang kotor, namun uap air yang bersih.

Walau pun ramah lingkungan, Ener-G-Force bakal tak terhentikan di medan macam apapun berkat four wheel-hub electric motors yang dirancang untuk meningkatkan presisi handling di segala macam medan. Belum lagi ada aplikasi Terra Scan System yang tak sekadar membaca bentuk topografi namun juga menyesuaikan suspensi mobil ini dengan medan yang akan ia libas.

Sayangnya, Mercedes-Benz sendiri telah mengumumkan bahwa Ener-G-Force dibuat semata untuk mobil konsep saja, dengan kata lain ia takkan pernah masuk ke dapur produksi.

6 dari 10 Halaman

Nissan TeRRA SUV FCEV

Nissan TeRRA SUV FCEV

Sempat dilabeli sebagai perwakilan wujud SUV dan Crossover Nissan di masa depan nanti, mobil konsep bernama TeRRA SUV FCEV ini pertama kali menampakkan wujudnya di ajang Paris Auto Show 2012 lalu.

Dari nama FCEV alias Fuel Cell Electric Vehicles, sudah terlihat kalau Nissan TeRRA SUV ini merupakan kendaraan yang memanfaatkan tak hanya memanfaatkan motor elektrik saja namun juga fuel cell yang menggunakan bahan bakar hidrogen.

Hadir sebagai sebuah tunggangan perkotaan berotot dan garang yang memiliki ground clearance tinggi. Di samping itu, desain body aerodinamisnya yang tajam seolah menggambarkan citra sebuah tunggangan modern yang tangguh.

Nissan juga mengisi ruang kabin mobil ini dengan nuansa masa depan yang canggih dengan berbagai fitur dan teknologi baru. Interior yang simpel makin terkesan makin 'kaya' dengan sebuah portable tablet PC multifungsi yang bisa dilepas di bagian dashboard kokpit. Tablet PC tersebut selain berfungsi menunjukkan kecepatan dan indikator performa lainnya, ia juga merupakan pusat hiburan, komunikasi, koneksi dan navigasi mobil.

Sedangkan di bagian performa, TeRRA mengusung sepasang motor elektrik yang ditenagai oleh hydrogen fuel cell yang ramah lingkungan dengan 0 persen emisi gas.

7 dari 10 Halaman

Aston Martin Hybrid Hydrogen Rapide S

Aston Martin Hybrid Hydrogen Rapide S

Bulan Mei 2013 lalu, produsen mobil sport dan supercar asal Inggris, Aston Martin, membawa Hybrid Hydrogen Rapide S mereka untuk ke sirkuit Nurburgring untuk mengikuti ajang balap 41st ADAC Zurich 24 Hours Race.

Menjadi mobil sport luxury dengan emisi gas karbon dioksida pertama yang mengikuti ajang balap bergengsi tersebut, Aston Martin Hybrid Hydrogen Rapide S mendapatkan sokongan tenaga dari mesin prototype twin turbocharged V12 berkapasitas 6.0 liter.

Keistimewaan mobil ini belum berhenti disitu, ia memiliki Hybrid Hydrogen System dengan bahan bakar hidrogen yang menjamin pasokan tenaga dan akselerasi maksimal serta meminimalisir emisi gas karbon dioksida.

8 dari 10 Halaman

TU Delft Forze VI

TU Delft Forze VI

Merupakan hasil kerja keras selama lima tahun oleh tim Universitas TU Delft, Belanda, mobil balap yang diberi nama Forze VI dihadirkan pertama kali sekitar bulan September tahun 2013 kemarin.

Tak hanya muncul sebagai salah satu mobil balap bertenaga hidrogen pertama dunia saja, Forze VI yang merupakan full-size race car dengan bobotnya yang mencapai 880kg ini mampu menembus kecepatan hingga 220km/jam dan hingga detik ini tercatat sebagai mobil balap bertenaga hidrogen tercepat di dunia.

Si jagoan balap asal Belanda ini berlari dengan menggunakan teknologi fuel cell dipadu dengan dua motor elektrik yang bisa menghasilkan tenaga hingga 258hp. Dalam dua tangki bahan bakar miliknya masing-masing sanggup diisi hingga 3kg hidrogen yang mampu membuatnya berjalan hingga 30 menit.

9 dari 10 Halaman

Honda FCEV Concept

Honda FCEV Concept

Tunggangan keren bertema futuristik ini adalah salah satu mobil konsep bertenaga hidrogen terbaru ciptaan produsen otomotif raksasa asal Jepang, Honda. Diberi nama Honda FCEV Concept, mobil ini mendapatkan World Premier-nya di ajang Los Angeles International Auto Show (LAIAS) 2013 tanggal 20 November 2013 lalu.

Dari luar, ia terlihat unik dengan garis-garis yang khas menyapu bagian body-nya yang aerodinamis. Sedangkan di dalam kabin, kenyamanan penumpang diutamakan dengan memberikan ruang yang lega dengan tempat duduk untuk lima orang.

Memiliki jarak tempuh maksimal hingga 300 mil atau sekitar 482km, teknologi fuel cell yang dikembangkan khusus untuk mobil ini merupakan hasil evolusi dari yang digunakan dalam Honda FCX. Meskipun dengan ukuran yang lebih kecil, tenaga yang ia hasilkan 60 persen lebih besar dibandingkan fuel cell Honda FCX, yakni dengan tenaga maksimal mencapai 134hp.

10 dari 10 Halaman

Toyota FCV Concept

Toyota FCV Concept

Mobil bertenaga hidrogen satu ini merupakan hasil karya Toyota yang kabarnya akan segera diluncurkan memasuki tahun 2015 mendatang. Peluncuran tersebut dikonfirmasi sendiri oleh pihak Toyota di ajang Consumer ELectric Show (CES) Las Vegas 2014 kemarin.

Mendapat banyak sanjungan dan respon positif sejak pertama kali kemunculannya di bulan November 2013 lalu, mobil bernama Toyota FCV Concept ini hadir sebagai mid-size sedan dengan empat pintu yang ramah lingkungan.

Selain ramah lingkungan, Toyota FCV Concept bertenaga hidrogen ini mampu berjalan hingga jarak tempuh 480km hanya dengan pengisian tenaga selama 3-5 menit saja.

(kpl/sno)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami