10 Rahasia dan Teka-teki Sosok Toyota Fortuner 2015

Teka-teki pun terus bergulir dan kian membuat rasa penarasan para pecinta otomotif dan terpancing tentang seberapa jauh perubahan sang SUV ini nantinya.

Kamis, 08 Januari 2015 20:15
10 Rahasia dan Teka-teki Sosok Toyota Fortuner 2015 Toyota Fortuner 2015 (Foto: indianautosblog)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Rumor dan pemberitaan media terus berkembang tentang berbagai kemungkinan ciri khas gagah dan kemewahan Toyota Fortuner nantinya. Jelas hal ini bakal semakin menarik mengingat eksistensi Fortuner di mata orang Indonesia, cukup memiliki arti dan daya saing yang kuat.

Dalam jajaran SUV domestik, posisi Toyota Fortuner memiliki posisi cukup vital sebagai lawan tangguh dari Mitsubishi Pajero Sport. Bahkan, sang saudara dekat dengan panutan DNA yang sama, Toyota Hilux pun turut bersaing dengan double kabin Mitsubishi Strada Triton yang notabene memang serumpun dengan Pajero Sport.

Teka-teki pun terus bergulir dan kian membuat rasa penarasan para pecinta otomotif terpancing untuk mengetahui tentang seberapa jauh perubahan sang SUV ini nantinya. Berikut otosia rangkumkan berbagai rahasia dan fakta penting yang akan dihadirkan oleh Toyota Fortuner 2015.

1 dari 10 Halaman

Spyshot

Spyshot

Tertangkapnya berbagai gambar-gambar testing oleh berbagai media otomotif khususnya di India, Thailand dan Australia, membuka cakrawala yang sangat luas dan justru kian menambah misteri tentang sosok baru SUV fenomenal di Indonesia tersebut.

Salah satu gambar spyshot yang cukup memberi arti besar justru didapatkan di Australia. Media otomotif 4X4 Australia berhasil mengambil foto eksklusif berikut dan menjadi tolok ukur berbagai desain dan juga render yang beredar selama ini.

 

2 dari 10 Halaman

Render Indianautosblog

Render Indianautosblog

Gambar ilustrasi dari indianautosblog menjadi satu sinyalemen baru tentang bentuk tubuh barunya. Model ini senada dengan spyshot yang sudah pernah diambil sebelumnya. Detail paling mencolok dari hasil gambar editing ini, justru berada pada konsep menyudut dan lancip lampu buritan yang tidak dimiliki oleh model lama Toyota Fortuner. 

Selain itu, guratan-guratan bodi pun begitu tegas dengan lekukan-lekukan sinis hingga membuatnya semakin seksi.

3 dari 10 Halaman

Tahun Ini

Tahun Ini

Kawasan Asia, terutama Indonesia diperkirakan bakal tercantum dalam daftar peluncuran Toyota Fortuner terbaru ini. Hal ini didukung oleh kabar lansiran 2016releasecars yang menekankan bahwa Asia Tenggara bakal menjadi destinasi Toyota Fortuner pada tahun 2015 ini.

Kasus tersebut senada dengan rumor bahwa setelah dataran Asia Tenggara, giliran India kan menjadi target berikutnya untuk mulai menjajal SUV tangguh ini. Ekspektasi yang mencuat masih mengarah pada Auto Expo India 2016 sebagai arena kelahirannya.

 

4 dari 10 Halaman

Spesial Epic

Spesial Epic

Menilik seluruh detail bodi, proporsi dan lekuk tubuh kekarnya jelas menampakkan ciri khas Toyota Fortuner yang sama seperti yang sudah ada selama ini. Perbedaan mendasar edisi Fortuner Epic berada pada beberapa pernak-pernik tambahan yang memberikan aksen maskulin yang lebih segar.

Tambahan upgrade dari varian yang dijual untuk regional Afrika Selatan tersebut, mengacu pada pilihan penyokong kekuatan yang lebih besar berupa dapur pacu 3.0 liter D-4D diesel dan 4.0 liter V6 bensin. Piranti tersebut juga akan disempurnakan dengan permainan pernak-pernik eksterior ciri khas orisinal dari Epic version.

Bagian interior pun tidak terlepas dari upgrade. Pesona dalam kabin kian nyaman dengan balutan jok yang tersampul kulit dan ditunjang pula oleh teknologi terbaru audio touchscreen with bluetooth, iPod compability dan kamera mundur.

Soal harga, varian Toyota Fortuner Epic 2014 3.0 D-4D 4X2 dibanderol mencapai R461,800 (Rp 504 jutaan). Sedangkan untuk seri 4.0-liter V6 model sebesar R544,500 (Rp 598 jutaan).

5 dari 10 Halaman

Render Detail 4X4

Render Detail 4X4

Berawal dari spyshot yang sebelumnya sempat diambil di Thailand dan Australia, lahirlah sebuah rancang desain yang diterbitkan oleh majalah otomotif 4X4 Australia. Berdasarkan cover desain di atas, wajah baru Toyota Fortuner terlihat lebih kekar dengan empat bilah grille lebar yang nampak tegas jika dibandingkan dengan seri lawasnya. 

 

 

 

 

Selain adanya model grille baru, sang SUV yang banyak dikenal sebagai pesaing besar Mitsubishi Pajero Sport tersebut turut dibekali dengan pernak-pernik eksterior berupa LED dyatime running lights tepat di bawah foglamps

 

6 dari 10 Halaman

Meluncur Bersama Innova

Meluncur Bersama Innova

Kabar tersebut didukung pula oleh keterangan yang dirilis oleh motorbeam bahwa seri teranyar Toyota Fortuner 2016 ini akan menjalani debut pada Auto Expo India. Peluncuran ini akan dibarengi dengan mengaspalnya Toyota Kijang Innova 2016

Sedangkan untuk pasar Asia, Kijang Innova teranyar tersebut dijadwalkan bakal diperkenalkan pada tahun 2015, yang kemungkinan akan dibarengi oleh Toyota Fortuner. Hanya saja, tanggal eksekusinya belum didapatkan informasi lanjutan.

7 dari 10 Halaman

Teknologi Toyota

Teknologi Toyota

Dalam penciptaannya, Toyota Fortuner berasama-sama dengan Toyota Hilux dan Kijang Innova akan dikembangkan dalam satu project Toyota yang disebut dengan Toyota Innovative's Multi Purpose Vehicle (IMV). Dengan metode ini, Toyota Fortuner bisa melakukan saling sharing parts antar tiga model tersebut.

Selain itu, ia juga akan diperbaharui dengan rancangan Toyota New Global Architecture (TNGA) yang memudahkan para konsumennya untuk mendapatkan berbagai parts cadangan seperti pada sistem VW MQB.

 

8 dari 10 Halaman

LC200 and Land Cruiser

LC200 and Land Cruiser

Sharing DNA jelas menjadi pemandangan yang wajar bagi setiap automaker, tak terkecuali Toyota Fortuner. Model Toyota  Fortuner ini masih memiliki gaya dan sentuhan fisik layaknya Toyota LC200 dan juga Land Cruiser Prado. 

9 dari 10 Halaman

Interior Baru

Interior Baru

SIsi dalam kabin dipercaya bakal berubah dengan ciri khas yang keseluruhan telah diperbaharui. Menurut 2016releasecars, akan ada  perpaduan dua corak hitam dan merah yang akan memperindah dari sudut interior. Dimensi dalam kabin pun dipercaya akan lebih lega sehingga meningkatkan rasa nyaman pada headroom.  

10 dari 10 Halaman

Akan Ada 3 tipe mesin

Akan Ada 3 tipe mesin

Rumor hangat yang terus beredar dan juga menjadi teka-teki terakhir mengarah pada adanya tiga jenis mesin dengan kemampuan berbeda-beda.

Dapur pacu pertama memiliki kapasitas mesin 3.0 liter dengan tenaga sebesar 163 hp, mesin kedua menggunakan dimensi lebih kecil 2.7 liter plus gelontoran power hingga 160 hp. Dan jantung pacu terakhir menggendong perawakan mesin 2.5 liter yang menanggung kekuatan hingga 140 hp.

(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami