10 Prediksi Teraktual Peluncuran Honda HR-V ke Indonesia!

Disebutkan oleh laman resmi PT Honda Prospect Motor (HPM) bahwa ia akan diluncurkan pada September mendatang, berbagai prediksi menjelang peluncurannya pun kian berkembang. Spekulasi apa saja yang berkembang selama ini?

Sabtu, 16 Agustus 2014 18:15
10 Prediksi Teraktual Peluncuran Honda HR-V ke Indonesia! Honda HR-V/Vezel (Foto: andoniscars)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Honda HR-V atau di Jepang lebih dikenal dengan nama Honda Vezel, memang cukup fenomenal pasca dikabarkan bahwa ia akan meluncur ke Indonesia. Disebutkan oleh laman resmi PT Honda Prospect Motor (HPM) bahwa ia akan diluncurkan pada September mendatang, berbagai prediksi menjelang peluncurannya pun kian berkembang.

Auranya yang berkelas memang menyajikan cita rasa yang begotu segar di mata para pecinta otomotif. Diperkenalkan pada 2013 lalu perhelatan akbar Tokyo Motor Show dengan menyandang nama Honda Vezel, varian ini dipercaya akan semakin populer di Bumi Nusantara dengan nama barunya sebagai HR-V.

Selain sosok fisik nan eksotis dipadu dengan kualitas piranti dari suguhan automaker berpengalaman sekelas Honda, ia disebut-sebut juga semakin canggih lewat berbagai fitur yang disematkan untuknya.

Salah satu yang sempat ramai diberitakan selama ini adalah perangkat keselamatan yang dijamin paling safety di kelasnya seperti Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist (VSA), serta Dual SRS Airbags.

Selanjutnya, berbagai prediksi keistimewaan apa saja yang bakal dimiliki oleh Honda HR-V Indonesia nantinya?

1 dari 10 Halaman

Nama Honda HR-V

Nama Honda HR-V

Dalam debutannya nanti, nama Honda Vezel yang sudah dikenal sebelumnya akan ditanggalkan dan berganti menjadi HR-V. Nama Honda HR-V sebenarnya tidak begitu asing karena sudah dipakai untuk varian Vezel yang dirilis di Australia. Kini nameplate HR-V juga akan dipakai oleh Honda Vezel yang akan beredar di pasar 

Tanah Air. Nama tersebut dirasa lebih menjual plus cukup familiar untuk telinga Indonesia. Hal tersebut memang masuk akal jika diarahkan pada kesuksesan yang sudah diraih oleh SUV Honda CR-V di bumi Nusantara. Dalam kiprahnya nanti pun, HR-V diperkirakan akan menjadi line-up SUV terbaru Honda menemani kiprah CR-V.

 

2 dari 10 Halaman

Dua Tipe Mesin

Dua Tipe Mesin

Honda Prospect Motor (HPM) akan membawa dua versi mesin untuk Honda HR-V Indonesia. Dua tipe mesin tersebut hanya dibedakan berdasarkan kapasitas mesin, yaitu i-VTEC 1.8 liter dan i-VTEC 1.5 liter yang menawarkan performa sporty sekaligus hemat bahan bakar.

Model ini juga akan menghadirkan desain inovatif, kesenangan berkendara, kabin yang lapang, serta standar keselamatan tinggi yang menjadi ciri khas dari setiap produk Honda.

 

 

3 dari 10 Halaman

Ada 6 Varian Berbeda

Ada 6 Varian Berbeda

Dari data yang dihimpun otosia didasarkan pada kabar resmi situs Pelayanan Samsat PKB-BBNKB Polda Metro Jaya, tertera beberapa varian berbeda yang akan dirilis nantinya.

Enam varian tersebut terdiri dari tipe A, S, E dan Prestige atau disebut sebagai RS. Dari beberapa model tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa rincian sebagai berikut:

  • Honda HR-V tipe A 1.5 Manual
  • Honda HR-V tipe S 1.5 Manual
  • Honda HR-V tipe S 1.5 CVT
  • Honda HR-V tipe E 1.5 CVT
  • Honda HR-V tipe E 1.8 CVT
  • Honda HR-V tipe 1.8 Prestige/RS

 

4 dari 10 Halaman

Interior Setara Sedan

Interior Setara Sedan

Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy menyebut bahwa kenyamanan kabin yang akan terasa pada Honda HRV bersifat personal. 

"SUV-nya di sisi utility dan personal. Personal artinya kualitasnya berbeda dengan SUV-SUV yang ada. Dia kualitas interiornya adalah kualitas sedan, kualitas coupe, kualitas mobil-mobil yang bisa terasa secara personal," ujar Jonfis.

Kenyamanan tersebut dibuktikan dari berbagai pemilihan bahan baku pembuatan mobil, disamping Honda sendiri sudah sangat berpengalaman dalam memproduksi sedan berkenyamanan kelas atas, termasuk diantaranya sisi interior.

 

5 dari 10 Halaman

Punya Atap Tembus Pandang

Punya Atap Tembus Pandang

Fitur kenyamanan setara sedan akan semakin disempurnakan dengan panoramic roof yang menyediakan suasana semakin mengesankan bagi para penggunanya.

"Ada panoramic roof khusus untuk varian 1.8 liter i-VTEC," beber Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy. Varian 1.8 liter merupakan tipe tertinggi yang juga dimiliki oleh Prestige atau RS.

 

6 dari 10 Halaman

Perpaduan 3 Model Mobil

Perpaduan 3 Model Mobil

Sebelum akhirnya Honda HR-V positif akan mengisi line-up crossover di Indonesia, ia sebelumnya sudah cukup terkenal dan mememiliki banyak sebutan seperti 'Jazz Crossover' dan 'Baby CR-V'. Honda pun akhirnya menegaskan bahwa ia ibaratkan paduan tiga sosok model mobil meliputi SUV, coupe dan minivan.

"Ini merupakan crossover antara SUV, coupe, dan minivan. SUV-nya di sisi utility dan personal," kata Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

Jonfis Fandy juga menekankan bahwa cita rasa secara personal bakal sangat kental untuk varian mereka ini nantinya. Kualitas inilah yang merupakan paduan sedan, coupe dan mobil-mobil yang bisa terasa secara personal.

 

 

7 dari 10 Halaman

Nilai Jual

Nilai Jual

Kehadiran Honda HR-V ke Indonesia kian terasa semakin dekat. Hal tersebut terbukti dengan munculnya harga sementara yang nilai jual di dalam situs NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) milik SAMSAT PKB-BBNKB Polda Metro Jaya.

Dari data nilai jual yang disebutkan situs resmi tersebut, muncul nilai jual Rp 268 juta sebagai nilai tertinggi. Patokan tersebut dimiliki oleh HR-V tipe RS CVT.

Sedangkan nilai jual terendah dari HR-V dimiliki oleh tipe 1.5 AMT dengan harga jual Rp 184 juta. Namun nilai jual tersebut belum menjadi harga pasti untuk pasaran HR-V nantinya.

Berkat ditemukannya NJKB tersebut, menjadi dasar berbagai spekulasi yang beredar selama ini. 



8 dari 10 Halaman

Prediksi Harga Jual

Prediksi Harga Jual

Setelah kemunculan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) di situs resmi SAMSAT PKB-BBNKB Polda Metro Jaya, beberapa spekulasi pun muncul guna memprediksikan kemungkinan harga pasaran Honda HR-V. Berikut prediksi harga jual Honda HR-V Indonesia versi otosia.com:

 

 

9 dari 10 Halaman

Rivalitas

Rivalitas

Pasca ditemukannya nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) yang dirilis oleh situs online Pelayanan Samsat PKB-BBNKB Polda Metro Jaya sekaligus prediksi harga yang dirilis oleh tim otosia.com, diperkirakan Honda HR-V bakal menantang dua segmen crossover sekaligus.

Segmentasi pertama adalah pasar Nissan Juke yang memang sudah lama merajai crossover di pasaran Rp 260 jutaan. Patokan tersebut diperkirakan akan bersaing dengan varian Honda HR-V tipe S 1.5 CVT dan E 1.5 CVT.

Sedangkan segmentasi kedua mengarah pada New Outlander Sport GLX yang menurut situs resmi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), memiliki harga Rp 302 juta. Model ini diprediksikan juga akan menjadi persaingan ketat antara HR-V tipe E 1.8 CVT ataupun Prestige.

10 dari 10 Halaman

September Bisa Dipesan

September Bisa Dipesan

Pemesanan Crossover Utility Vehicle (CUV) Honda HR-V akan dibuka resmi pada bulan September mendatang. Hal ini bertepatan dengan pameran otomotif akbar IIMS 2014 di Jakarta. Honda meyakini bahwa model terbarunya ini akan mendapat respon antusias yang baik dari konsumen Indonesia.

"Konsumen di Indonesia dapat melihat secara langsung dan mulai melakukan pemesanan untuk Honda HR-V saat pergelaran Indonesia International Motor Show mulai tanggal 18 September 2014 nanti. Kami percaya model ini akan menjadi pilihan baru di pasar otomotif Indonesia dan juga diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia," ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).



(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami