10 Pilihan Mobil Mazda, Spesialis Teknologi dan Penampilan

Saat Nissan mengandalkan kenyamanan, Toyota dengan performanya, serta Honda yang 'All Rounded', mobil-mobil Mazda ini punya kelebihan yang lain, Otolovers!

Kamis, 29 Oktober 2015 17:15
10 Pilihan Mobil Mazda, Spesialis Teknologi dan Penampilan Mobil Mazda (foto: istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mazda memang selalu terdepan dalam masalah penampilan eksterior. Karena Mazda memiliki sejarah yang cukup baik bersama para desainer-desainernya. Kodo-Design yang baru saja bergabung semakin menegaskan penampilan mobil-mobil Mazda yang kece.

Selain itu, Mazda punya kehandalan dalam menyematkan teknologi terdepan di dalam kabin mereka. Sesuatu yang sebetulnya selama ini tidak terlalu bisa diimbangi oleh produsen lain seperti Honda dan Toyota yang lebih mempertimbangkan performa.

Berikut ini adalah 10 pilihan mobil buatan Mazda yang bisa diakuisisi pada akhir tahun 2015 ini. Harga yang disematkan oleh redaksi Otosia merupakan harga yang berdasarkan pasar mobil second, sehingga bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan dan kondisi mobil.

1 dari 10 Halaman

Mazda 6

Mazda 6

Big sedan yang satu ini merupakan salah satu mobil berbasis sedan paling diperhitungkan di Indonesia. Terutama jika dibandingkan dengan Toyota Camry atau Nissan Teana. Karena mobil yang satu ini ternyata ditaburi anugerah berupa performa yang sangat prima.

Konsumsi BBM mobil ini ternyata tergolong hemat untuk ukuran big sedan. Sehingga terlihat jelaslah keunggulan SKYACTIV disini. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa teknologinya lebih unggul daripada iVTEC milik Honda. Harga Mazda 6 antara Rp 280-350 jutaan.

2 dari 10 Halaman

Mazda 2

Mazda 2

Mazda lawas yang satu ini pertama kali meluncur di aspal jalan Indonesia pada tahun 2010-an lalu. Meskipun datang dengan sejumlah keunggulan dan desain, sayangnya masih harus tertunduk di depan Honda Jazz dan Toyota Yaris yang melenggang tanpa lawan.

Namun meskipun begitu, Mazda 2 terutama seri RZ ternyata oleh Mazda diberikan fitur yang berlimpah di dalamnya. Bahkan boleh dibilang sedikit lebih baik kelengkapannya dibanding Toyota Yaris yang seangkatan. Mazda 2 RZ dihargai hingga Rp 170 jutaan.

3 dari 10 Halaman

Mazda CX-5

Mazda CX-5

Desain mobil yang satu ini sungguh impresif, plus ditambah dengan keroyalan Mazda menghamburkan fitur seperti immobilizer, cruise control dan panoramic roof, rasanya Mazda CX-5 bisa dikatakan bahkan sedikit diatas Nissan X-Trail terbaru.

Mobil keluaran tahun 2013 ini punya konsumsi BBM yang baik, bahkan untuk penggunaan dalam kota. Hanya saja, harus dibayar mahal dengan pengendalian yang agaknya terlalu kasar. Mungkin konsekuensi dari kegesitan mobil ini. Harga dari Mazda CX-5 bisa mencapai Rp 300 jutaan.

4 dari 10 Halaman

Mazda Biante

Mazda Biante

MPV box yang satu ini memang sempat jadi digdaya bahkan di hadapan Nissan Evalia dan Suzuki APV. Setidaknya itulah yang tergambarkan dari hasil penjualannya pada tahun 2013 sebelum kemudian belakangan mulai saling sikut dengan Mitsubishi Delica.

 

Mobil keluaran 2013 ini benar-benar memprioritaskan kenyamanan dan akses yang praktis untuk masuk ke dalam kabin. Karena memang dipergunakan sebagai alat pengangkut keluarga, tenaganya praktis tereduksi. Harga dari Mazda Biante sekarang mencapai Rp 350 jutaan.

5 dari 10 Halaman

Mazda BT-50

Mazda BT-50

Satu-satunya model D-Cab yang dimiliki Mazda, bersanding bebarengan dengan Toyota Hilux, Mitsubishi Triton dan Nissan Navara. Sayangnya secara reputasi mobil ini juga tidak se-hype ketiga mobil rivalnya tersebut. Karena memang bagi Mazda tak banyak yang bisa dieksplor.

 

Mazda BT-50 punya keungglan di sisi kenyamanan. Bahkan menurut beberapa sumber, untuk kelas double cabin, mobil ini punya kenyamana lebih baik daripada Nissan Navara untuk level double cabin. Sayangnya bantingan dari mobil ini agak kasar, seperti layaknya double cabin. BT-50 dihargai hingga Rp 350 jutaan.

6 dari 10 Halaman

Mazda 5

Mazda 5

Sebuah mobil yang jadi pendamping Biante. Sayangnya mobil ini punya populasi yang tidak terlalu banyak di Indonesia jika dibandingkan dengan Mazda Biante. Pun demikian dengan desainnya yang itu-itu saja tanpa ada perubahan signifikan.

Tahun 2007 mobil ini tampil menjanjikan, dan hal itu dibuktikan dengan adanya kelengkapan performa suspensi yang nyaris sempurna. Nyaman dan keberadaan pintu geser dan panoramic roofnya jelas memberikan penawaran yang tidak bisa diremehkan. Harga Mazda 5 bisa mencapai Rp 180 jutaan.

7 dari 10 Halaman

Mazda CX-7

Mazda CX-7

Mazda CX-7 memang belum mendapatkan belaian Kodo design. Tapi rasanya mobil yang satu angkatan dengan Mazda 2 ini juga tidak buruk. Karena mobil keluaran 2011 ini punya model yang khusus memang diadaptasikan bagi masyarakat Eropa.

Mazda CX-7 benar-benar memanjakan para penggemar Mazda dengan segudang fitur, seperti advance keyless enter, audio Bose, dan parking camera. Tenaga mobil ini juga cukup besar, karena dipasok Mazda hingga menyentuh angka 237 hp. Harga mobil ini mencapai Rp 400 jutaan.

8 dari 10 Halaman

Mazda CX-9

Mazda CX-9

CX-9 masuk dalam kondisi pasar yang agak pesimistis, mengingat mobil ini berbadan sangat besar. Bahkan untuk ukuran SUV sekalipun, dirasa Mazda CX-9 agak sedikit overload. Namun nyatanya masyarakat Indonesia tetap menggemari model ini.

Menggunakan system penggerak All Wheel Drive, mobil ini menjanjikan performa yang stabil dalam waktu yang bersamaan. Dan sama seperti Mazda CX series lainnya, Mazda benar-benar boros fitur. Sayangnya konsumsi BBM-nya agak kurang ramah di kantong. Harga Mazda CX-9 mencapai angka Rp 500 jutaan.

9 dari 10 Halaman

Mazda 3

Mazda 3

Salah satu line up tertua di daftar ini adalah Mazda 3, sebagai salah satu pendamping Mazda 2 yang berbasis mobil hatchback dalam line up Mazda. Mobil yang satu ini menjadi salah satu yang pertama dari line up Mazda yang menggunakan system ABS.

 

Sayangnya mobil ini punya sifat yang sama dengan BT-50 yang populasinya tidak terlalu banyak di Indonesia. Dan lagi mengendarai mobil ini di jalanan ramai akan membuat kabin bising lantaran peredamannya tidak terlalu baik. Harga mobil ini mencapai Rp 125 jutaan.

10 dari 10 Halaman

Mazda 8

Mazda 8

Last but not least, Mazda punya angka 8 di belakang sebuah mobil APV bongsor keluaran tahun 2011. Kodo Design juga kala itu belum menyentuh ke Mazda 8 sehingga mobil ini modelnya terkesan konvensional dan agak klasik saat dilihat eksteriornya.

 

Tapi jangan sampai tertipu penampilannya. Karena mobil ini punya efisiensi dalam konsumsi bahan bakar yang sangat baik. Penggunaan captain seat, sunroof, dan pintu elektrik membuat mobil ini justru terlihat mewah. Harga mobil ini mencapai Rp 350 jutaan.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami