10 Pilihan Mobil Hatchback Asal Eropa

Dominasi merk-merk mobil Jepang dan Korea di Indonesia terkadang membuat masyarakat tidak melirik pada mobil asal benua lain, Eropa misalnya. Padahal eksistensi mobil asal Eropa mampu memberikan kesan yang sangat berbeda daripada mobil dari Asia, terutama dari segi fiturnya.

Jum'at, 27 Juni 2014 09:15
10 Pilihan Mobil Hatchback Asal Eropa Beberapa mobil hatchback asal Eropa (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Dominasi merk-merk mobil Jepang dan Korea di Indonesia terkadang membuat masyarakat tidak melirik pada mobil asal benua lain, Eropa misalnya. Padahal eksistensi mobil asal Eropa mampu memberikan kesan yang sangat berbeda daripada mobil dari Asia, terutama dari segi fiturnya.

Mobil dari Eropa terkenal dengan desain yang simple elegan, namun kental dengan nuansa kabin yang mewah dan eksklusif. Desain headlamp yang pada beberapa merk lebih didominasi bulat oval juga memberi aksen perbedaan yang tebal daripada mobil asal Asia.

Mobil hatchback asal Eropa juga demikian, keberadaannya di Indonesia selalu mendapat tempat khusus di antara serbuan mobil-mobil hatchback kompak dan Low Cost Green Car yang juga di dominasi asal Asia.

Berikut ini merupakan beberapa mobil hatchback asal Eropa yang mungkin bisa jadi pembeda jalanan di Indonesia.

1 dari 10 Halaman

Peugeot 208

Peugeot 208

Mobil asal Prancis yang sejak cukup lama identik dengan dominasi mobil bermodel hatchback. Tahun inipun tidak mau ketinggalan untuk memroduksi mobil dengan model yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya pada diri 208, sebagai penerus model GTi nya, namun 208 ini merupakan versi yang lebih ramah.

Meskipun dengan pemberitaan yang agak minim, toh Peugeot tetap santai menyodorkan mobilnya yang satu ini. Karena Peugeot juga berasumsi bahwa 208 tinggal mengikuti dari yang sudah ditempuh 208 GTi.

Di Indonesia Peugeot 208 dihargai sebesar Rp 364,8 juta on the road Jakarta.

2 dari 10 Halaman

Volkswagen Golf GTi

Volkswagen Golf GTi

Banyak masyarakat Indonesia yang merasa bahwa VW Golf GTi masih lebih 'enjoyable' daripada Scirocco, mungkin salah satunya karena VW Golf GTi lebih ditujukan bagi penggunaan sehari-hari daripada Scirocco yang lebih berkesan sporty.

Dengan model yang sedemikian, memang sempat mengundang asumsi dan argumen karena untuk ukuran mobil GTi, terkesan terlalu sederhana dan kurang memberikan kesan bengis. Tapi semuanya juga terbayar tuntas karena saat dipacu mobil ini mampu berakselerasi 100 km/jam hanya dalam 6,5 detik saja.

Dengan mesin yang powerful dan akselerasi mantap, rasanya harga Rp 342 juta juga tidak akan terbuang percuma untuk mobil ini.

3 dari 10 Halaman

Renault Megane RS 265

Renault Megane RS 265

Agresif! Itulah kesan pertama saat mobil ini kepergok melanglangbuana di jalanan. Desain racing kental yang ada pada body Megane semakin dipertegas dengan mata kecil garang yang tajam ada headlamp mobil ini.

Pengendalian mobil ini juga sangat memuaskan, dan harga yang ditawarkan pada masyarakat Indonesia juga cukup kompetitif. Hanya saja masyarakat kita perlu sedikit kerja keras untuk menemukan jaringan servis yang baik bagi mobil ini.

Di beberapa kota, mobil ini juga sudah resmi diaspalkan, dengan harga mencapai Rp 609 juta on the road Jakarta.

4 dari 10 Halaman

Mini Cooper S Countryman

Mini Cooper S Countryman

Mini yang juga tergabung dengan korporasi besar BMW baru-baru ini juga memasarkan salah satu produk andalannya di Indonesia dalam diri Mini Cooper S Countryman. Pabrikan Inggris ini juga menyediakan beberapa model hatchback yang lainnya di Indonesia.

Hampir sama dengan Peugeot 208, Mini Cooper S Countryman juga tidak terlalu digemparkan eksistensinya saat baru pertama kali masuk di Indonesia. Namun bagi pecinta Mini, rasanya tidak perlu publikasi yang berlebihan untuk membuat Cooper S Countryman laku di pasaran.

Di Indonesia Mini Cooper S Countryman dijual dengan harga Rp 725 juta on the road Jakarta.

5 dari 10 Halaman

Fiat 500

Fiat 500

Fiat 500 yang masuk di Indonesia tahun ini ditawarkan dengan beberapa type, antara lain Fiat 500, Fiat 500C, dan Fiat 500 Sport. Belum termasuk dengan eksistensi Fiat Abarth sebagai mobil dengan tujuan penggunaan sport.

Fiat 500 terbaru tetap mempertahankan nilai-nilai yang telah disematkan pada Cinquecento generasi pertama. Sejak diluncurkan pada tahun 2007, sebanyak 1 juta Fiat 500 generasi terbaru telah terjual di 110 negara, salah satunya Indonesia sendiri.

Fiat 500 di Indonesia diberi banderol seharga Rp 365 juta on the road Jakarta

6 dari 10 Halaman

Volkswagen Scirocco

Volkswagen Scirocco

Scirocco yang diduetkan dengan Golf GTi pada peresmiannya awal bulan Juni ini memang tidak mendapatkan kuota jual di Indonesia terlalu banyak. Scirocco sendiri hanya dipasok sejumlah 40 unit tahun ini di Indonesia.

Scirocco yang tampil dengan aksen striping racing yang kental dipasangi mesin dengan ukuran 1,4 Liter dengan 7 percepatan otomatis, serta memiliki tenaga hingga 160 Hp dan torsi sebesar 240 Nm.

Volkswagen Scirocco di Indonesia diberi banderol sebesar Rp 449 juta on the road Jakarta.

7 dari 10 Halaman

BMW 116i Urban Line

BMW 116i Urban Line

BMW 116i sejatinya mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, namun apa yang dirasakan pada hentakan throttle-nya sungguh mengejutkan karena tenaganya sangat berlimpah dan full power.

Mobil yang dipasarkan serempak dengan BMW 116i Sport Line ini memiliki desain yang mewah. Konsumen sendiri juga dimungkinkan untuk menghemat bahan bakar karena BMW 116i Urban Line dipasangi Eco Pro yang mematikan mesin ketika saat lampu merah dan kembali menyala saat pedal gas ditekan.

Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp 539 off the road.

8 dari 10 Halaman

Volvo C30

Volvo C30

Pabrikan yang berasal dari Swedia ini juga tidak ingin ketinggalan memasarkan produknya di Indonesia melalu Volvo C30. Meskipun beberapa pihak mengatakan bahwa C30 memiliki desain yang agak mirip dengan mobil-mobil Asia, namun C30 sendiri punya pasar yang berbeda.

Hanya saja, apabila konsumen ingin membeli mobil ini, rasanya juga akan mengalami kesulitan dengan servis dan jaringan yang agak terbatas. Apalagi dengan populasi C30 yang memang tidak terlalu banyak.

Volvo C30 di Indonesia dihargai dengan banderol sebesar Rp 653 juta on the road Jakarta.

9 dari 10 Halaman

Mercedes Benz A Class Urban

Mercedes Benz A Class Urban

Mercy A Class hatchback tampil sebagai hatchback premium dengan fitur yang menggiurkan selayaknya mobil mewah. Mobil yang sejatinya sudah ada di Indonesia sejak tahun lalu juga merupakan mobil yang cukup masuk dalam kriteria LCGC.

Seri A-Class terbaru dilengkapi dengan mesin 4-silinder yang menghasilkan tenaga 115 kW (156 hp) untuk A 200 Urban dan 155 kW (211 hp) untuk A 250 Sport. A 200 Urban mampu berakselerasi mulai dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 8,3 detik, dengan maksimum kecepatan 224 km/jam.

A Class Urban dihargai sampai dengan Rp 539 juta on the road.

10 dari 10 Halaman

Ferrari FF

Ferrari FF

Pabrikan berlogo kuda jingkrak melakukan terobosan yang sama sekali baru dengan menampilkan mobil hatchback pada diri Ferrari FF. Sehingga sempat menimbulkan pertanyaan pada masyarakat bagaimana performa mobil ini.

Tapi Ferrari menjawabnya dengan tuntas karena FF merupakan hatchback dengan akselerasi paling cepat jika dibandingkan dengan hatchback lainnya. Maklum, dengan aksen Ferrari sebagai mobil supercar, rasanya tidak susah bagi FF mencatatkan rekor sebagai mobil hatchback paling cepat.

Sebelum masuk Indonesia, Ferrari FF berharga sampai dengan 3 Miliar, namun dengan keberadaan PPnBM, diperkirakan harganya melejit sampai dengan Rp 7,9 Miliar.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami