10 Pemilik CBR Rasakan Istimewanya Motor Marc Marquez

Setelah melalui kompetisi safety riding dan slalom di Safety Riding Center PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Jatake, Tangerang, 10 pemenang program MotoGP Street Experience yang merupakan pemilik CBR Series berkesempatan menunggangi Honda RC213V-S di sirkuit internasional Sentul.

Senin, 10 Desember 2018 16:00
Honda RC213V (overdrive.in)
Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Setelah melalui kompetisi safety riding dan slalom di Safety Riding Center PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Jatake, Tangerang, 10 pemenang program MotoGP Street Experience yang merupakan pemilik CBR Series berkesempatan menunggangi Honda RC213V-S di sirkuit internasional Sentul.

Mereka akan merasakan langsung performa dan raungan mesin tunggangan Marc Marquez di Sirkuit Sentul. Selain 10 pemenang, pemilik Honda Big Bike juga diberi kesempatan yang sama, namun tetap mengikuti proses seleksi lebih dulu.

Sebelum menjajal RC213V-S, ke-10 pemenang tersebut akan mengikuti coaching clinic yang diberikan oleh para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), diantaranya Dimas Ekky, Gerry Salim, dan Rheza Danica.

"Sebelum menaiki RC213V-S, ada coaching clinic dari pembalap AHRT. Tapi itu tidak langsung naik RCV213V-S, tapi mereka memakai Honda CBR600RR dan CBR 1000RR dulu untuk penyesuaian di sentul, dengan didampingi pembalap AHRT. Di sini dilatih sekaligus dinilai emosi, racing line, control badan, dan sebagainya," kata Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding PT Honda Astra Motor (AHM).

Honda RC213V-S (Honda)

Karena itu kesepuluh orang ini mengikuti kompetisi safety riding dan slalom lebih dulu, yang berguna sekaligus menjadi bahan evaluasi sebelum membesut RC213V-S di sirkuit Sentul.

"Kompetisi slalom yang kita laksanakan ini berkaitan langsung pada konsentrasi, kontrol emosi, racing line, teknik pengereman dan kontrol kecepatan serta handling," jelasnya. Jadi memang tidak sembarangan orang bisa menjinakkan motor seharga Rp7 miliar ini.

Lantas apa istimewanya tunggangan Marc Marquez versi jalan raya ini?

Menurut informasi dari AHM, Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang menjadi tunggangan pembalap Repsol Honda pada ajang balap motor tertinggi, MotoGP.

Sebagai motor prototipe dari Honda RC213V, produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa, yaitu mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 kW /11.000 rpm dan torsi 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar.

Honda RC213V-S (Honda)

Menerapkan system bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16,3 L. Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang. Dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda sehingga menjadikan produk ini eksklusif.

Hanya beberapa perubahan yang dilakukan untuk menjadikan Honda RC213V-S dapat dikendarai di jalan raya dengan menyesuaikan regulasi yang berlaku diantaranya penambahan lampu depan dan belakang, lampu bagi plat nomor kendaraan, lampu sein depan dan belakang, back mirror, speedometer, muffler dengan katalis, tempat penyangga plat nomor kendaraan, horn, Honda Smart Key, selfstarter, dan side stand.

Selain itu ada beberapa perubahan yang dilakukan untuk memudahkan dalam perawatan seperti penggantian seamless dan pneumatic valve.

Baca Ini Juga Dong Otolovers

(kpl/ahm)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami