10 Mobil 'Special Edition' di Indonesia

Tak semua model mobil dibuat dalam jumlah besar, salah satu strateginya adalah supaya mobil dengan edisi terbatas ini dihargai lebih, baik dari segi ekonomis, maupun dari imagenya sendiri.

Jum'at, 20 Juni 2014 09:15
10 Mobil 'Special Edition' di Indonesia Mobil mobil dengan jumlah yang terbatas (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Satu model mobil sejatinya diproduksi dengan jumlah yang masif, untuk memenuhi supply and demands yang berlaku di pasaran. Sehingga apa yang jadi kebutuhan pasar, serta ketersediaan dari pabrikannya tetap terjaga.

Namun tak semua model mobil dibuat dalam jumlah besar, salah satu strateginya adalah supaya mobil dengan edisi terbatas ini dihargai lebih, baik dari segi ekonomis, maupun dari imagenya sendiri.

Deretan mobil yang ada di sini sebenarnya merupakan mobil yang sudah menjelajah jalanan di Indonesia, parameternya adalah mobil-mobil ini mempunyai model yang unik, performa yang berbeda, serta jumlah yang tidak banyak, sehingga membuatnya berada di posisi yang spesial di mata masyarakat.

Mobil-mobil ini memang tidak semuanya baru, dan kebanyakan second hand, namun keberadaannya yang cukup langka dan beberapa harus inden membuat calon pembeli tetap geregetan dan berkeinginan untuk tetap mencarinya.

Mungkin mobil-mobil ini bisa juga menggoda anda untuk ikut memburunya, yuk mari!

1 dari 10 Halaman

Mazda RX-8

Mazda RX-8

Berkesan mobil racing, sporty dan memang dasarnya dikhususkan bagi anak-anak muda penggemar game Need For Speed Underground, mobil ini dirancang dengan model menyerupai coupe.

Mobil ini tidaklah dibangun dengan mesin bervolume besar, karena ukuran mesinnya hanyalah 1.300cc. Namun tenaga yang dihasilkan cukup eksplosif, 205 hp yang otomatis membuatnya mampu dipacu dengan kecepatan tinggi.

Sayangnya mobil ini tidaklah ekonomis, karena memang wajarnya mobil sport akan mengonsumsi bahan bakar yang cukup banyak dalam sekali jalan. Mobil ini dihargai sebesar Rp 490 juta.

2 dari 10 Halaman

BMW Z4 3.0

BMW Z4 3.0

Kap terbuka dari mobil ini menambah kesan mewah dan begitu eksotis. Handling dari mobil ini juga menjadi nilai plus bagi para konsumennya untuk segera memboyongnya pulang ke rumah

BMW Z4 3.0 sudah sewajarnya diperlakukan sebagaimana mobil mahal, pun berbanding lurus dengan kebutuhan maintenancenya yang juga mahal. Dan mobil ini juga tidak direkomendasikan bagi anda yang tidak menyukai bantingan suspensi keras.

Namun apabila sudah berhasil mengendarainya, maka perhatian pengendara sekitar akan otomatis jadi milik anda. Mobil ini dihargai Rp 680 jutaan.

3 dari 10 Halaman

Mercedes Benz SLK Kompressor

Mercedes Benz SLK Kompressor

Mobil buatan tahun 2004 ini merupakan seri khusus dari SLK yang diproduksi terbatas, dan jumlahnya di Indonesia pun tidak banyak. Sama-sama beratap terbuka seperti BMW, namun dirasa tidak se-kuat BMW karena hanya sebesar 163 hp.

Tampangnya benar-benar khas memperlihatkan mobil premium yang dikhususkan untuk sport, dengan penampakan yang manis dari segala sudut.

Saat atapnya ditutup, Mercy yang satu ini memiliki kemampuan untuk meredam bising dengan sangat baik, apalagi suasana kabin yang mewah juga membuat harga Rp 580 juta terasa terbayarkan tuntas.

4 dari 10 Halaman

Toyota Prius

Toyota Prius

Mobil yang sempat kontroversial dengan kesan 'kurang gagah' di beberapa negara bagian Amerika Serikat ini nyatanya juga tidak terlalu berpengaruh pada penjualannya di Indonesia. Toh, peminatnya masih tetap banyak, mengingat mobil ini punya efisiensi bahan bakar yang sangat baik dan handling yang nyaman.

Dashboard dari mobil ini juga menawan dengan kesan mewah dan elegan di setiap sudutnya. Hanya saja ruang dari kabin kedua mobil ini agak sempit sehingga membuat orang dewasa dengan tinggi di atas 175 cm akan merasa agak kurang nyaman.

Mobil ini agak susah apabila kita ingin membelinya, di Indonesia sendiri diharuskan untuk melakukan inden. Harga mobil ini berkisar Rp 290 jutaan.

5 dari 10 Halaman

Hyundai i20 CRDi

Hyundai i20 CRDi

Kakak dari Hyundai i10 ini mengusung model dengan kesan Eropa yang kental pada headlamp sampai dengan desain bodynya. Konsep 'fun to drive'-nya juga membuat mobil ini sangat nyaman untuk keperluan sehari-hari.

Mobil dengan mesin berukuran 1,4 liter ini mampu memberikan akselerasi yang cukup kuat untuk ukuran compact hatchback. Dan mesin diesel yang disematkan padanya juga sangat irit bahan bakar.

Sayangnya mobil yang satu ini hanya memiliki model untuk transmisi manual, dan juga jumlah mobil second-nya juga cukup terbatas dan agak sulit ditemui di Indonesia.

6 dari 10 Halaman

Hyundai Getz 3 Doors

Hyundai Getz 3 Doors

Hyundai dengan berani membuat model Getz menggunakan tiga pintu, yakni pintu kabin kanan kiri dan pintu untuk hatchback. Dimana cukup mengejutkan karena mobil yang satu ini lebih dikenal dengan mobil berpintu 5.

Pabrikan asal Korea juga membangun Hyundai Getz berpintu 3 ini sedikit berbeda dengan yang berpintu 5 karena dirasa kabinnya jauh lebih hening daripada yang berpintu 5. Dan konsumsi BBM nya dirasa tergolong irit sehingga cocok untuk berkendara di jalanan padat.

Mobil ini sendiri cukup sulit ditemui di Indonesia, biasanya dibanderol seharga sampai Rp 80 jutaan.

7 dari 10 Halaman

Smart ForTwo

Smart ForTwo

Mobil yang unik karena ukurannya yang ekstra mini, hanya untuk dua orang, dan lincahnya bukan main. Sehingga sangatlah direkomendasikan untuk masyarakat yang senang berliuk-liuk di kepadatan kota.

Dan lagi mobil ini termasuk berfitur lengkap untuk ukuran mobil mini, traction control, keyless entry dan fitur-fitur lainnya membuat mobil ini justru terasa mewah dan cukup futuristik.

Mobil ini juga secara mengejutkan menambahkan panoramic roof sehingga penumpang bisa mengintip ke atas untuk melihat. Mobil buatan 2010 ini dihargai sebesar Rp 175 jutaan.

8 dari 10 Halaman

Toyota Kijang Innova 2.7

Toyota Kijang Innova 2.7

Toyota Kijang Innova ternyata juga secara tidak besar-besaran memroduksi Innova dengan kapasitas mesin sebesar 2,7 liter, dimana biasanya Toyota membangun Kijang Innova dengan mesin sebesar 2 liter saja.

fiturnya juga tetap lengkap dengan menyertakan steering wheel control, dan dual airbag yang tertanam di kabinnya. Dan yang paling keren adalah kita bisa menemukan 'rasa' mesin Fortuner pada mobil ini.

Sayangnya mobil ini juga tidak mempunyai kuantitas yang banyak, sehingga yang mencarinya juga harus jeli. Mobil ini dihargai sebesar Rp 170 jutaan.

9 dari 10 Halaman

Audi TT 1.8T

Audi TT 1.8T

Audi TT memang selalu identik dengan model khas eropa yang mewah dan di beberapa model, kesan futuristiknya selalu menonjol. Dan lagi Audi juga tidak susah untuk dikenali oleh penggemarnya.

Mobil ini sebenarnya merupakan mobil yang tergolong premium, apalagi di saat mobil ini baru saja keluar di antara tahun 2000-2003. Secara general semakin dikenal dunia setelah Audi TT juga eksis di film 'I, Robot' meskipun hanya sekedar prototype.

Mobil ini jadi salah satu yang paling langka di antara 9 yang lainnya. Harganya hari ini berkisar di Rp 290-325 jutaan.

10 dari 10 Halaman

Honda Accord 3.5

Honda Accord 3.5

Satu lagi mobil yang cukup tidak diproduksi besar-besaran oleh pabrik ternama, dalam hal ini Honda. Accord yang laris manis di pasaran ternyata membuat Honda terpancing untuk membuat mobil dengan tingkat eksklusifitas sedikit lebih tinggi pada diri Honda Accord 3.5

Yang membuat spesial adalah selain ukuran mesinnya, Honda Accord 3.5 juta dibekali mesin V6 yang otomatis menganugerahi mobil ini dengan tenaga sebesar 271 hp.

Mobil ini memiliki akomodasi yang sangat baik, sehingga sangat cocok untuk penggunaan jarak jauh. Honda Accord 3.5 dihargai sebesar Rp 380 jutaan.

 

 

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami