10 Mobil Keluarga Paling Cocok Buat Mudik Lebaran!

Lebaran tinggal menghitung hari. Di bulan yang sudah masuk Ramadhan ini, varian mobil-mobil terbaru kian membanjiri bursa mobil Tanah Air. Salah satu segmen yang kini semakin panas persaingannya berada di sektor MPV. Dengan harga mobil bersaing dan desain paling apik, MPV menjadi arena persaingan yang sangat seru.

Kamis, 03 Juli 2014 20:15
10 Mobil Keluarga Paling Cocok Buat Mudik Lebaran! Mobil Keluarga buat Mudik (Foto: arsip otosia)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Lebaran tinggal menghitung hari. Di bulan yang sudah masuk Ramadhan ini, varian mobil-mobil terbaru kian membanjiri bursa mobil Tanah Air. Salah satu segmen yang kini semakin panas persaingannya berada di sektor MPV. Dengan harga mobil bersaing dan desain paling apik, MPV menjadi arena persaingan yang sangat seru. 

Hal tersebut sangat wajar, jika melihat animo masyarakat Indonesia yang cukup gemar memakai mobil berjenis keluarga, apalagi jika hubungannya untuk mudik lebaran. Selain karena volume ruang kabin yang cukup besar untuk mengangkut orang, ia juga lumayan lega buat mengangkut barang. 

Harga mobil yang ditawarkan pun bisa bermacam-macam tergantung pada seri terbaru sekaligus fitur yang dihadirkan. Namun pastinya, setiap dari mereka punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Mari dipilih sesuai kebutuhan Anda, inilah 10 mobil yang bisa dipilah-pilah lagi buat kenyamanan mudik Anda di bulan yang 'fitri' nanti. 



1 dari 11 Halaman

Nissan Grand Livina 1.5 X-Gear

Nissan Grand Livina 1.5 X-Gear

Nissan Grand Livina menegaskan bahwa dirinyalah MPV yang memiliki karakter gagah namun tetap bergaya di kelasnya. Tambahan roof rail di atapnya menambahkan penampakan dirinya yang terlihat semakin keren.

Transmisi CVT menjanjikan kenyamanan pasti bahwa ia akan sanggup melaju dengan halus. Dipadu dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.498 cc, tarikannya pun lebih mantap dengan tenaga 109 hp.

Persoalan efisiensi bahan bakar, Grand Livina X-Gear ini juga terbilang cukup irit, yakni menembus angka 13,2 km/L untuk pemakaian dalam kota dan 18,2 km/L untuk jalan tol.

Bagian yang paling enak dari mobil ini adalah ruang kabin. 2/3 Kursi-kursi yang ada di dalamnya bisa kesemuanya dilipat hingga membuat ruang kosong yang sangat melegakan.

 

2 dari 11 Halaman

Honda Mobilio Prestige

Honda Mobilio Prestige

Honda Mobilio Prestige bisa dikatakan MPV Tanah Air yang punya daya saing mumpuni di kelasnya. Sebagai produk baru, ternyata keberadaannya cukup mengguncang bursa roda empat Indonesia.

Hadir dengan desain yang tak asing layaknya si mungil Honda Brio, Mobilio Prestige lahir dengan segala konsep yang sangat matang mulai dari struktur eksterior, interior dan performa.

Mesin mobil ini mengandalkan keampuhan yang dimiliki oleh i-VTEC 4 silinder berkapasitas 1.496 liter. Power yang diletupkan pun tergolong cukup impresif di kelasnya, yakni 118 hp dengan torsi 145 Nm. Hal tersebut terbukti dengan kecepatannya yang hanya membutuhkan waktu 11,1 detik untuk menyentuh 100km/h.


Dengan konsumsi BBM sanggup menembus 14,8 km/L untuk dalam kota, dan 18,9 km/L di jalan Tol, penumpang juga semakin dimanjakan dengan suspensianya yang terbilang cukup halus dengan handling yang nyaman.

 

3 dari 11 Halaman

Honda Mobilio RS

Honda Mobilio RS

Hadir dengan gaya lebih segar, Mobilio dipakaikan kostum baru dengan aroma yang sporty lewat konsep baru 'RS'. Masih mengandalkan mesin dan performa yang sama dengan Prestige, penampakan fisik justru semakin membuat percaya diri siapa pun yang mengendarainya.

Grille baru plus rumah foglamp dibentuk dengan lekukan yang lebih tegas dan tajam. Inilah mengapa tampilan wajahnya terkesan lebih macho dan gagah.

Tidak hanya itu saja, projector headlight memiliki fokus pencahayaan yang lebih teratur serta terfokus jika dibandingkan bohlam biasa. Mode ini juga menjadi satu dengan LED DRL stripe yang membuatnya menjadi LMVP pertama dengan style lampu seperti itu.

Menambahkan fitur kenyamanan dan keselamatan, varian Mobilio RS sudah diberkahi dengan fitur Speed Sensing Auto Lock yang membuat pintu otomatis terkunci pada kecepatan di atas 15 km/h. Jika suatu ketika penumpangnya lupa menguci pintu padahal mobil sudah berjalan, tidak akan repot dengan fitur canggih ini.

 

4 dari 11 Halaman

Toyota Avanza Luxury

Toyota Avanza Luxury

Siapa yang tidak mengenal Toyota Avanza, mini-MPV yang sering disebut 'mobil sejuta umat' ini memang sudah sangat banyak digandrungi di Indonesia. Modelnya yang mewah dengan paduan harga juga terjangkau membuat mobil ini banyak dicari pelanggan.

Baru-baru ini, Toyota kembali meluncurkan varian anyar mereka yang sebenarnya adalah Toyota Avanza lama dengan kosmetik baru pada sektor body kit. Tambahan yang lumayan kentara di sektor eksterior, justru berada pada kaki-kakinya yang kini memakai desain rim baru. 

Menyusup ke bagian eksterior mobil, kepuasan pelanggan semakin dimaksimalkan karena tidak hanya lebih menawan di luar, ia juga didandani lebih istimewa dengan nuansa kayu pada dashboardnya. Selain itu, ada tambahan audio system yang juga menambahkan sosoknya yang modern.

Detail Interior:

  • Luxury Wooden Panel (1.5 G Luxury)
  • Audio System (1.5 G Luxury)
  • Bottle Holder & Multi Storage (All)
  • Digital LED Speedometer
  • Ac Double Blower

5 dari 11 Halaman

Toyota Avanza Veloz Luxury

Toyota Avanza Veloz Luxury

Toyota Avanza Veloz Luxury menghadirkan selera pasar mini-MPV mewah dengan tetap mengagungkan kontur tubuh lamanya. Tak banyak mendapatkan sentuhan fisik, ciri khas sporty utamanya untuk versi Veloz kini menjadi andalan.

Wajah lama namun bergaya berbeda menyeruak dari sosoknya yang ditambahkan dengan garis merah dan dark grey yang bisa ditemukan di sisi pinggir dan belakang tubuh mobil.

Menjajal blusukan ke dalam kabin mobil, konsep sporty wooden siap menyapa setiap penumpang yang ingin menjajal langsung versi mewah Veloz tersebut.

Detail Interior:

  • Sporty wooden Panel
  • Combination Meter With Digital LCD
  • Bottle Holder 
  • Multi Storage

 

 

 

6 dari 11 Halaman

Nissan Grand Livina Autech

Nissan Grand Livina Autech

Upgrade teranyar juga diaplikasikan untuk All-New Nissan Grand Livina Highway Star Autech. Berangkat dengan performa lawas, mode Highway Star ini tampil makin eksklusif berkat perawakan fisiknya yang serba baru. Pada intinya, seri autech merupakan seri ultimate dan termewah dari keluarga All-New Grand Livina.

Tampilan istimewa Autech bisa ditemukan dari radiator grille yang unik namun bercirikan lebih maskulin dan seirama dengan kesannya yang nampak halus. Aksen metal pada bumper depan dan bumper molding memberikan tampilan lebih modern melalui kolaborasinya dengan style grille baru berbentuk bar 3 tiga bilah besar dan lurus sejajar.

Aksen Autech yang menerapkan corak wood graindi cukup kentara dari C-Cluster dan sekeliling power window. Lapisan jok berkulit lembut menambahkan kenyamanan bertabur modern color dengan contrast stitching.

Dalam hal kenyamanan handling, steering wheel dibungkus dengan lapisan kulit bertekstur halus dan lembut. Diperkaya switch panel yang memberikan kemudahan pengemudi mengganti channel piranti multimedia, Autech pun punya nilai tambah soal keselamatan.

 

 

7 dari 11 Halaman

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia

Kembaran Toyota Avanza ini masih bisa disandingkan untuk menjadi salah satu kandidat mobil mudik lebaran nantinya. Meski pasarnya semakin merosot karena persaingan sektor MPV yang kian memanas, mobil ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin kepincut dengan mobil-mobil model terbaru.

Daihatsu Xenia hadir dengan 5 varian, yakni D, M, X, R M/T, R A/T plus pilihan kapasitas mesin 989 cc dan 1298 cc. Itu berarti ia menggunakan mesin yang sama dengan All New Xenia namun dengan tampilan yang lebih elegan.

Untuk memberikan rasa aman bagi para penggunanya, Xenia telah dilengkapi dengan fitur Dual SRS (Supplemental Restraint System) air bag yang dilengkapi dengan meter cluster indicator.

Fitur keamanan air bag ini terletak pada kedua tempat duduk depan berpadu dengan Front Row Seatbelt with Pretensionner & Force Limiter yang dilengkapi dengan driver seat belt meter cluster indicator.

Sebagai penunjang kenyamanan, Xenia memberikan materi tempat duduk (jok) lebih tebal dengan desain yang lebih elegan. Begitu juga dengan kesenyapan di dalam kabin dibuat lebih maksimal caranya yakni memperbaiki Noise Vibration (NV) level dan menambahkan beberapa titik silencer.

Untuk menambah kenyamanan saat berkendara, Xenia juga dilengkapi dengan Cabin Air Filter (CAF) yang dapat membuat udara dalam kabin menjadi lebih segar.

 

8 dari 11 Halaman

Toyota Kijang Innova Facelift

Toyota Kijang Innova Facelift

Kehadiran model terbaru Kijang Innova, tidak bisa ditampik bahwa ia memberi sedikit kesegaran dari keluarga Kijang. Innova sendiri sebagai produk yang juga diekspor ke mancanegara memiliki pilihan mesin TR-FE 2.0L dan 2TR-FE 2.7L. Dua varian ini memiliki mesin bensin untuk (VVT-i) dan KD-FTV 2.5L untuk model diesel atau kerap dinamakan D4-D.

Selain tambahan di atas, Innova baru ini juga memiliki sensor parkir mundur, serta kaca spion elektrik. Perubahan wajah ini mulai dari tipe E, sedang tipe terbawah J masih menggunakan wajah model sebelumnya.

Untuk sistem keselamatan dual SRS airbag pada model sebelumnya hanya terdapat pada tipe G dan V, tapi karena tipe J tidak mendapat wajah baru maka perubahan yang terjadi dengan menambahkan sistem keselamatan dual SRS airbag ini.

9 dari 11 Halaman

Chevrolet Spin 1.5 LTZ A/T

Chevrolet Spin 1.5 LTZ A/T

Mengintip sosok Chevrolet (Chevy) Spin, kesan yang muncul pertama adalah auranya yang stylish dengan sosok body yang elegan. Kenyamanan di dalam ruang kabin menjadi tolok ukur bagi Anda yang akan melakukan mudik dengan mobil ini.

Rongga kabin kian nyaman berkat ketersediaan cupholder yang tersebar di seluruh panel pintu, sehingga para penumpang akan sedikit lega meskipun tanpa meja. Suasana kabin kemudi pun kini kian eksklusif berkat speedometer digital terbaru yang kini telah terpasang di dalamnya.

Merasakan performa mesin, Chevy Spin kini memiliki mesin 4 silinder 1.485 cc dengan gelontoran tenaga mencapai 106 hp pada 5.800 rpm. Saat di kendarai, mobil ini dirasa cukup memiliki rasio gear yang baik.

Konsumsi bahan bakarnya ketika mesin dalam keadaan baik, sanggup menempuh 9,4 km/L, sedangkan ketika melaju di jalan tol, ia menghabiskan 15,7 km/L.

Dimensi yang ditawarkan tidak selega dari para rivalnya. Ground Clearance mobil tersebut termasuk yang cukup rendah dengan 157 mm, wheelbasenya pun hanya 2.620 mm yang membuatnya sedikit kekurangan ruang pada legroom dan headroom.

 

10 dari 11 Halaman

Suzuki Ertiga Sporty

Suzuki Ertiga Sporty

Model Suzuki Ertiga terbaru ini menggunakan mesin yang sama dengan seri sebelumnya, yakni K14B DOHC dengan kapasitas mesin 1.323 cc. Sistem bahan bakarnya mengandalkan multi point injection plus kapasitas tangki bensin sebesar 45 liter.

Mesin tersebut menggunakan bahan aluminium dengan bobot yang ringan tapi sanggup menyemburkan tenaga menembus 95 hp. Dengan tenaga yang sedemikian, Ertiga berhasil mencatatkan waktu 13,9 detik untuk menempuh 100 km/h

Dengan wheelbase mencapai 2.740 mm, membuat legroom dan headroom semakin lega. Apalagi suspensi Ertiga terkenal halus sehingga nyaman melewati kontur jalan tidak rata.

Perbedaan seri Sporty dibanding lainnya, terletak pada eksterior yang terkesan 'macho' dan beberapa tambahan fitur seperti ban berukuran 205/55 R16 dan pelek palang lima berdiameter 16 inch.

 

 

11 dari 11 Halaman

Komparasi Harga

Komparasi Harga

Selain spesifikasi dan berbagai fasilitas yang dihadirkan oleh setiap varian, sektor yang paling penting berikutnya tentu saja ada pada bagian harga mobil. Berikut harga-harga yang bisa Anda perhitungkan untuk membeli varian-varian tersebut. 

Varian Harga Mobil 

Nissan Grand Livina X-Gear 1.5 A/T

 Rp 224,4 juta
Honda Mobilio RS CVT  Rp 214 juta
Honda Mobilio E CVT Prestige   Rp 198 juta
Toyota Avanza 1.3 G A/T Luxury  Rp 195,3 juta
Toyota Avanza 1.5 A/T Veloz Luxury  Rp 20,7 juta
All-New Grand Livina 1.5 HWS Autech CVT  Rp 242,4 juta
Toyota Kijang Innova Facelift  Rp 219,6 juta
Chevrolet Spin 1.5 LTZ A/T  Rp 183,8 juta
Daihatsu Xenia  Rp 144,8 juta
Suzuki Ertiga Sporty   Rp 182,8 juta

 

(kpl/sdi)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami