10 Mobil dengan Penjualan Tertinggi di Dunia

Para perusahaan mobil selalu melakukan rekapitulasi penjualan tiap produk yang telah terjual setiap tahunnya, dan pada tahun 2013 lalu juga dilakukan pencatatan penjualan setiap produk yang telah dipasarkan ke masyarakat luas.

Jum'at, 29 Agustus 2014 10:15
10 Mobil dengan Penjualan Tertinggi di Dunia Mobil-mobil paling laku di dunia (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Para perusahaan mobil selalu melakukan rekapitulasi penjualan tiap produk yang telah terjual setiap tahunnya, dan pada tahun 2013 lalu juga dilakukan pencatatan penjualan setiap produk yang telah dipasarkan ke masyarakat luas.

Dan dari hasil rekapitulasi tersebutlah yang akan dijadikan catatan sehingga bisa dilakukan penelitian dan analisa lebih lanjut, sebelum kemudian melakukan strategi yang lain supaya penjualan bisa lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya.

Di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat misalnya, penjualan lebih didominasi oleh mobil-mobil besar seperti SUV dan truk. Sementara di kawasan Asia, dan sebagian Eropa, mobil bermodel sedan dan berkarakteristik city car jauh lebih mendominasi pasar.

Di bawah ini merupakan 10 mobil yang memiliki hasil penjualan tertinggi di tahun 2013 di seluruh dunia saat dicatat pada awal tahun 2014 ini, beberapa di antaranya juga merupakan hasil penjualan yang ada di Indonesia.

1 dari 10 Halaman

Ford Escape

Ford Escape

Ford memang di Eropa memiliki pasar tersendiri yang membuat mereka selalu jadi yang nomor satu. Praktis dari beberapa brand asal Eropa, hanya ada Volkswagen, BMW dan Mercedes Benz yang mampu menyaingi penjualan secara kuantitas.

Ford Escape yang berbasis SUV ini sendiri laris manis di banyak kawasan di Eropa. Apalagi dengan mesin turbocharge berukuran 2L, ditambah fitur seperti rain sense, mobil ini menembus penjualan sampai 295.993 unit.

2 dari 10 Halaman

Toyota Corolla

Toyota Corolla

Selalu jadi andalan Toyota untuk kelas mid-sedan yang dipergunakan di kalangan masyarakat menengah, sebagai alternatif dari sedan mewah Toyota Camry yang lebih tergolong sedan mewah.

Toyota Corolla yang memulai debutnya beberapa dekade lalu tahun 2013 menampilkan hasil yang maksimal. Mobil dengan mesin 2.4L ini habis terjual sebanyak 302.180 unit di seluruh dunia.

3 dari 10 Halaman

Nissan Altima

Nissan Altima

Nissan tidak memasukkan Altima sebagai salah satu alternatif mobil sedan yang bisa dibeli di Indonesia, mungkin salah satu alasannya adalah karena eksistensi All New Nissan Teana yang launching awal tahun ini. Desain keduanyapun juga cukup mirip satu sama lain.

Nissan Altima yang memiliki desain baru pada tahun 2013 ini dibekali dengan mesin 2.4 Liter 4-silinder. Salah satu kelebihan mobil ini adalah sistem navigasi digitalnya yang lengkap. Altima laku sampai dengan 302.934 unit.

4 dari 10 Halaman

Honda CR-V

Honda CR-V

Tidak hanya di Indonesia, CR-V ternyata juga diminati banyak masyarakat Eropa dan di Amerika, maka wajar saja bila mobil yang terkenal berbody gagah dan terkesan tangguh ini memiliki hasil penjualan yang sangat impresif.

Mobil ini terhitung sebagai mobil dengan kelas small SUV, dan untuk kelas SUV, horsepower sampai dengan 185 tenaga kuda memang bukanlah tergolong besar. Faktanya mobil ini terjual sampai dengan 303.904 buah di seluruh dunia.

5 dari 10 Halaman

Honda Civic

Honda Civic

Pesaing tangguh Toyota Corolla semenjak beberapa dekade lalu, Civic yang dikategorikan mid-class, sama seperti Corolla, juga tidak mau kalah untuk dipertandingkan di pasar dunia, termasuk Indonesia.

Mobil yang lebih laku di pasaran Eropa sebenarnya adalah Civic kelas kupe, hanya saja di Asia, Honda Civic sedan jauh lebih diminati, salah satu alasannya adalah karena kapasitas. Sejumlah 336.180 unit habis terjual tahun lalu.

6 dari 10 Halaman

Dodge Ram

Dodge Ram

Dari samping bila diperhatikan, mobil ini bakal mengingatkan pada double kabin milik Triton Strada, hanya saja mobil yang diproduksi Dodge ini yang notabene tidak terlalu diketahui banyak masyarakat Indonesia.

Tapi di Amerika Serikat, mobil ini laku keras. Dengan kapasitas ekstra besar pada mesinnya, 5,7 Liter Dodge Ram siap untuk diajak menjelajah kawasan off road. Di seluruh dunia, mobil ini habis sampai dengan 355.673 unit.

7 dari 10 Halaman

Honda Accord

Honda Accord

Mobil ini dikhususkan oleh Honda untuk dipasangi teknologi eco-friendly powertrain. Dan di dalam kabinnya mampu memuat sampai dengan 5 orang seluruh anggota keluarga.

Honda Accord sebagai pendamping City dan Civic ini nyatanya juga mendominasi pasar mobil sedan di seluruh dunia, bersaing ketat dengan senjata andalan Toyota yang ada pada Corolla dan Camry. Tahun lalu, sejumlah 366.678 Honda Accord habis terjual.

8 dari 10 Halaman

Toyota Camry

Toyota Camry

Pantas berbanggalah Toyota Camry memiliki jumlah penjualan yang melebihi ketiga sedan Honda secara per individu, karena sampai dengan 408,484 unitnya yang laku di seluruh dunia, jelas merupakan prestasi tersendiri bagi Toyota.

Bukan main-main karena hasil angka tersebut ternyata banyak laku di Amerika Serikat, yang notabene lebih menyenangi Muscle Car. Wajar karena mobil ini memiliki fitur yang sangat baik, termasuk kabin yang lapang bagi warga Amerika yang memang memiliki postur tinggi besar.

9 dari 10 Halaman

Chevrolet Silverado

Chevrolet Silverado

Diantara serbuan mobil Jepang dan Korea, Chevrolet sebagai pabrikan asal negeri paman sam ternyata mampu melangkahi hasil banyak penjualan dari mobil asal Asia. Dan itu semua bisa diraih dengan hasil penjualan sampai 480,414 unit pada Chevy Silverado

Truk double kabin ini juga tersedia dalam versi High Country yang memiliki tenaga ekstra besar, bahkan untuk ukuran truk sekalipun, dengan mesin EcoTech 6,2 Liter V8.

10 dari 10 Halaman

Ford F-Series

Ford F-Series

Mobil Eropa merajai pasar dunia, apabila di kawasan Eropa Ford Focus jadi yang paling diburu untuk kelas hatchback, maka di area yang lebih lebar lagi, bahkan di seluruh dunia, Ford juga mampu merajai hasil penjualan pada diri F-Series.

Dan bisa ditebak, hasil penjualan terbanyak ada di daerah Amerika serikat. di seluruh dunia F-Series laku sampai 763,402 unit. Angka yang fantastis untuk kendaraan truk seperti Ford F-Series.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami