10 Mobil 3-Silinder Terbaik di Indonesia

Dengan pengembangan yang baik, mobil dengan 3 silinder jaman sekarang telah diproduksi dengan meminimalisir vibrasi yang kerap jadi biang kerok kerusakan. Dengan menerapkan balancer, serta menambahkan engine cooling system.

Minggu, 06 Juli 2014 10:15
10 Mobil 3-Silinder Terbaik di Indonesia Mobil-mobil 3 silinder terbaik di Indonesia (foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil dengan 3-silinder pada mesin identik dengan mobil yang efisien penggunaan bahan bakarnya, namun di waktu yang bersamaan seringkali jadi pertimbangan dengan konotasi negatif bagi banyak orang. Alasannya sederhana, mesin dengan 3 buah silinder sering dianggap buruk dalam sisi ketahanannnya.

Namun dengan pengembangan yang baik, mobil dengan 3 silinder jaman sekarang telah diproduksi dengan meminimalisir vibrasi yang kerap jadi biang kerok kerusakan. Dengan menerapkan balancer, serta menambahkan engine cooling system.

Selain itu, dengan pembaharuan yang telah dilakukan pada mesin-mesin bersilinder 3 tersebut membuat kehematan mobil yang sebelumnya memang sudah identik dengan mesin 3-silinder, jadi semakin efisien.

Mobil-mobil pada daftar ini adalah mobil-mobil dengan mesin tidak lebih dari 1.200 cc dan kesemuanya menggunakan mesin 3-silinder.

Mobil mana saja yang menurut anda terbaik di antara yang lainnya? Mungkin daftar ini bisa membantu memberi jawaban.

1 dari 10 Halaman

Smart ForTwo

Smart ForTwo

Dimensi mobil ini adalah yang paling kecil di antara yang lainnya, secara populasipun tidak terlalu banyak, dan agak terbatas di kota-kota besar yang memang identik dengan kemacetan.

Smart Fortwo sendiri dibangun dengan panoramic roof yang membuat kabin kecilnya yang hanya muat dua orang ini jadi terasa mewah dan lebih lega. Smart ForTwo menggunakan mesin 999cc dengan tenaga sampai dengan 71 hp.

Smart ForTwo dihargai sampai dengan Rp 175-180 jutaan.

2 dari 10 Halaman

Daihatsu Ceria

Daihatsu Ceria

Mobil yang sempat digadang-gadang jadi primadona pada periode 2003-2005an, sayang pada kenyataannya diproduksi dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Sehingga masyarakat juga tidak terlalu kenal dengan mobil ini.

Bagusnya, efisiensi bahan bakar mobil ini sangatlah baik, karena dibekali mesin sebesar 850cc. Hanya saja, mobil ini dibangun tanpa power steering, sehingga kenyamanan berkendara juga jadi terganggu.

Ceria dihargai dengan banderol paling murah, hanya sekitar Rp 40-60 jutaan.

3 dari 10 Halaman

Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo

Pada clan Karimun, Estilo merupakan yang paling booming di jamannya, sekitar tahun 2010 sampai dengan awal-awal 2012. Model dari Karimun Estilo juga dirasa paling modis dan menyenangkan dibanding Karimun lama, bahkan dibandingkan dengan Karimun Wagon R yang baru.

Konsumsi BBM yang hemat serta torsi mesinnya membuat mobil ini jadi idaman para pecinta mobil hemat. Hanya saja mobil ini agak sempit di bagian kabin, dan lagi tidak ada model matik untuk mobil ini.

Di Indonesia Karimun Estilo dihargai sebesar Rp 85-100 jutaan.

4 dari 10 Halaman

Peugeot 107

Peugeot 107

pabrikan berlogo singa memang tidak menaburkan fitur yang terlampau mewah pada mobil ini. Tapi Peugeot jeli dengan menyematkan 2-tronic sehingga 107 bisa melaju dengan efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Mobil ini suspensinya empuk, sehingga sekalipun kabinnya kecil, penumpang di dalamnya tetap merasa nyaman saat mobil ini dimanuverkan. Modelnya juga sangat menarik untuk ukuran mobil kecil, terkesan 'eye catchy'.

Peugeot 107 di Indonesia dibanderol sampai dengan Rp 170 jutaan

5 dari 10 Halaman

Nissan March 1.2

Nissan March 1.2

Dibalik kesan berbody kecil, Nissan March ternyata dirasa adalah mobil hatchback kecil yang memiliki kabin paling lapang. Secara model mobil ini juga terlihat sederhana, tapi elegan.

Dengan mesin berukuran 1.198cc dan memiliki 3-silinder, sayang sekali mobil ini tidak terlalu istimewa dalam konsumsi bahan bakar. Terkesan biasa saja, tidak hemat, tapi juga tidak boros. Tapi versi matic dirasa lebih hemat.

Nissan March 1.2 dihargai sebesar Rp 150-170 jutaan.

6 dari 10 Halaman

Daihatsu Xenia 1.0 M Family

Daihatsu Xenia 1.0 M Family

Kabin dan dimensinya merupakan yang paling besar di dalam daftar ini, wajar karena Xenia ini adalah satu-satunya mobil MPV yang ada dalam daftar. Otomatis, mobil ini pada akhirnya unggul kapasitas penumpang.

Secara populasi Xenia juga cukup banyak, dan lagi perawatannya mudah serta memiliki jaringan servis yang baik. Satu-satunya kekurangan mobil yang 'all rounded' ini mungkin adalah bantingan suspensi yang kurang nyaman.

Xenia buatan tahun 2013 ini sendiri memiliki harga di kisaran Rp 115 jutaan.

7 dari 10 Halaman

Mitsubishi Mirage Exceed

Mitsubishi Mirage Exceed

Mobil kecil yang bisa disebut 'cabe rawit' ini dibangun dengan banyak sekali fitur mewah yang tidak biasa untuk mobil sekelas Mirage Exceed. Kelengkapan AC climate Control dan rem ABS membuat mobil ini terkesan mewah.

Sayangnya mobil ini tidak memiliki handling yang benar-benar super, karena dirasa juga sering limbung saat dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Toh, semua terbayar lunas dengan konsumsi BBM yang efisiensinya sangat baik.

Mitsubishi Mirage Exceed bisa ditebus dengan harga Rp 160 jutaan.

8 dari 10 Halaman

Ford Fiesta Ecoboost

Ford Fiesta Ecoboost

Mobil fenomenal yang muncul dari produsen asal negeri paman Sam, Ecoboost yang jadi teknologi teranyar milik Ford seperti menjadi malaikat buat para pengguna mobil di kota-kota macet macam Jakarta.

Efisiensi bahan bakar yang baik pada mobil bermesin 998cc ini jadi senjata utama. Teknologi ini oleh banyak orang dirasa jadi teknologi paling pas bagi mobil-mobil yang berkutat di kota besar. Tak heran di beberapa negara Eropa mobil ini hanya kalah dari Focus yang notabene milik Ford sendiri.

Harga dari Ford Fiesta Ecoboost adalah Rp 240 juta on the road Jakarta untuk transmisi manual.

9 dari 10 Halaman

Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R

Karimun terbaru datang dengan status LCGC, low cost green car. Yakni mobil dengan efisiensi bahan bakar yang sangat baik, tapi tetap dengan harga yang bisa dijangkau banyak kalangan.

Suzuki Karimun Wagon R merupakan salah satu mobil dengan konsumsi BBM yang paling irit, dengan rekor konsumsi bahan bakar sejumlah 15,4 km/l dalam kota dan 21,4 km/l untuk penggunaan luar kota.

Suzuki Karimun Wagon R yang baru saja diaspalkan di Indonesia ini dihargai sebesar Rp 99,9 juta on the road Jakarta.

10 dari 10 Halaman

Mini Cooper

Mini Cooper

Mobil mewah ala bangsawan yang tertanam pada diri Mini Cooper seakan menghilangkan sama sekali kesan bahwa sebenarnya mobil ini dipersenjatai dengan mesin 3-silinder.

Tapi performanya sungguh mengejutkan, kelincahan dari Mini Cooper sekali lagi tidak memperlihatkan bahwa sebenarnya ini merupakan mobil bermesin 3-silinder. Hanya saja mobil ini juga tidak terlalu direkomendasikan untuk keluarga karena bantingan suspensi yang keras.

Mini Cooper di Indonesia dihargai sampai dengan Rp 497 juta on the road Jakarta.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami