10 Mesin Mobil Terhebat Dunia Selama Satu Tahun Terakhir!

Dapur pacu sebuah mobil merupakan komponen mobil paling kronis dalam menciptakan performa mobil nan handal di lintasan. Mesin penggerak mobil tentu saja juga menjadi modal berharga bagi konsumen untuk memilih tunggangan mereka.

Rabu, 02 April 2014 19:30
10 Mesin Mobil Terhebat Dunia Selama Satu Tahun Terakhir! 10 mesin mobil terhebat dunia

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Dapur pacu sebuah mobil merupakan komponen mobil paling kronis dalam menciptakan performa mobil nan handal di lintasan. Mesin penggerak mobil tentu saja juga menjadi modal berharga bagi konsumen untuk memilih tunggangan mereka.

Menelisik jaman yang semakin modern dan peradaban yang semakin berkembang, persaingan dalam dunia otomotif tidak bisa dipungkiri menjadi semakin sengit. Jantung pacu yang tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi, lambat laun akan semakin tergerus waktu.

Para automaker dunia pun berlomba untuk menyuguhkan mesin-mesin hebat yang mampu memenuhi kebutuhan manusia nan makin kompleks. Berikut 10 mesin mobil terhebat dunia selama 1 tahun terakhir (tepatnya pada tahun 2013 lalu) yang sudah dinilai oleh penyedia informasi dan analisis otomotif dunia, WardsAuto.















1 dari 10 Halaman

Audi: Supercharged 3.0-liter V-6

Audi: Supercharged 3.0-liter V-6

Mesin ini terkenal karena tenaga yang hebat, disusul torsi kuat dan juga penyempurnaan dari berbagai sisi yang membuatnya 
unggul di kelasnya.

Dapur pacu tersebut sudah ditanamkan pada Audi A6 dan A7 baik dalam versi 4 pintu atau pun coupe. Selain itu ia pun juga banyak dipakai oleh S4 Sedan dan Cabriolet serta S5 Coupe.

Di tahun 2013 lalu, wardsauto menjajal salah satu varian S5 Coupe dan memastikan sendiri kehebatan dapur pacu tersebut. Hasilnya, ternyata mesin ini lebih hebat 333 hp jika dibandingkan dengan mesin lamanya yang hanya memberikan suntikan tenaga 310 hp.

 

 

2 dari 10 Halaman

BMW: Turbo-diesel 3.0-liter 6-Cylinder

BMW: Turbo-diesel 3.0-liter 6-Cylinder

Setelah diinstal pada BMW 5 Series dan BMW X5, mesin turbo-diesel tersebut sanggup menghadirkan suara mesin yang sangat halus. Mesin 3.0 liter yang dipadu dengan 6 silinder, menghasilkan torsi maksimum hingga 564 Nm hanya pada 1.500 rpm. Performa tersebut memberikan output 35 mpg saat dilakukan tes oleh WardsAuto.

3 dari 10 Halaman

Chevrolet: Turbo-diesel 2.0-liter 4-Cylinder

Chevrolet: Turbo-diesel 2.0-liter 4-Cylinder

Dapur pacu tersebut diadopsi oleh Chevrolet Cruze diesel. Hanya Chevy Cruze saja yang memakai mesin ini di ranah pasar Amerika Utara dimana mobil ini dipasarkan. Performa mantapnya muncul dari gas buang yang hanya 37 mpg dengan torsi tinggi yang menurut WardsAuto begitu konstan saat dilakukan tarikan pertama.

4 dari 10 Halaman

Chevrolet: 6.2-liter V-8

Chevrolet: 6.2-liter V-8

General Motors membangun mesin baru tersebut dan menanamkannya pada Corvette Stingray terbaru berangka tahun produksi 2014. Dengan direct fuel injection dipadu dengan silinder yang sudah mengilhami deactivation technology, membuat Corvette mantap di jajaran supercar dunia.

5 dari 10 Halaman

Chrysler: Turbo-diesel 3.0-liter V-6

Chrysler: Turbo-diesel 3.0-liter V-6

Jeep Grand Cherokee dan Ram 1500 pickup adalah pemilik kehebatan mesin yang satu ini. WardsAuto memberikan gelar mesin terbaik karena performa tangguhnya yang memberikan kekuatan prima lagi hemat dengan menghasilkan 24 mpg.

6 dari 10 Halaman

Fiat: 83-kW Electric Motor

Fiat: 83-kW Electric Motor

Motor listrik terkenal dengan ramah lingkungan tanpa gas buang. Keistimewaan utama dari city car satu ini terletak pada kapasitas penyimpanan daya yang cukup besar. Hal tersebut terbukti kala sumber energi mampu bertahan hingga menempuh perjalanan sejauh 136,7 km. Mobil listrik istimewa ini hanya diproduksi dan dipasarkan di California saja.

7 dari 10 Halaman

Ford: Turbocharged 1.0-liter 3-Cylinder

Ford: Turbocharged 1.0-liter 3-Cylinder

Mesin Ford berupa EcoBoost 1.0 3 silinder sudah terkenal dengan kehematan bahan bakar maksimum dan juga kekuatan optimal. Mesin tersebut ditanamkan pada Ford Fiesta 2014 yang mengantongi kekuatan hingga 123 hp. Mesin EcoBoost ini dihadiahi penghargaan sebagai satu dari 10 mesin terbaik karena keiritannya yang hanya menghasilkan 37 mpg.

 

8 dari 10 Halaman

Honda: 3.5-liter V-6

Honda: 3.5-liter V-6

Varian ini dikatakan tidak tergoyahkan dari mobil sedan terbaik dengan mesin V6-nya. Di kelasnya, mesin tersebut dikatakan paling berani bersaing dibanding produkan automaker lain.Salah satu pengadopsi mesin istimewa tersebut adalah Honda Accord yang berhasil mendapatkan keiritan hingga 28 mpg. Mesin tersebut hanya disematkan pada katagori tertinggi Accord bertipe EX-L yang juga menjadi varian termahal.

9 dari 10 Halaman

Porsche: 2.7-liter 6-Cylinder

Porsche: 2.7-liter 6-Cylinder

Senjata pemacu mobil yang tidak hanya kuat, tapi juga tentu saja hemat BBM ini sudah dimiliki oleh Porsche Boxster dan Porsche Cayman. Sebagai salah satu mobil yang dipercaya mengandung kemampuan hebat, mesin 2.7 liter yang dimiliki ternyata terbukti sanggup mempertahankan kehematan hingga 23 mpg.

10 dari 10 Halaman

Volkswagen: Turbocharged 1.8-liter 4-Cylinder

Volkswagen: Turbocharged 1.8-liter 4-Cylinder

Menjajal mesin 1.8 liter 4 silinder ini rupanya menurut wardsAuto seperti menjalankan sebuah kuda besi dengan kolaborasi antara kecepatan, kekuatan. reflek dan fleksibilitas sebuah mobil. 

Hal tersebut terbukti sangat dominan kala mesin v6 yang dipunyai memberikan torsi mencapai 210 Nm padahal mesin berada pada putaran 1.750 rpm.

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami