10 Juta Mobil dari 14 Merek Top Kena Recall Berjamaah

Airbag Takata bermasalah, akibatnya lebih dari 10 juta mobil dari 14 merek mobil ternama terimbas di pasar Amerika Serikat.

Selasa, 14 Januari 2020 07:00
10 Juta Mobil dari 14 Merek Top Kena Recall Berjamaah Ilustrasi airbag usai tabrakan (Motor1.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Pabrikan airbag Jepang, Takata, menarik kembali atau merecall puluhan juta mobil yang menggunakan produknya. Hal itu diketahui lantaran adanya masalah pada airbag inflator pada bagian depan.

Menurut Express.co.uk, total ada 10 juta lebih mobil di bawah 14 merek mobil top di Amerika Serikat, termasuk mobil sport yang terimbas. Antara lain, Audi, BMW, Honda, Daimler, Chrysler, Ferrari, Ford, General Motors, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Toyota dan Volkswagen.

Menurut dokumen National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), airbag Takata itu bisa meledak jika mengalami paparan panas dan suhu ekstrem dalam jangka panjang. Airbag itu juga berpotensi membahayakan kesehatan pengendara.

1 dari 1 Halaman

"Propelan dalam inflator bisa menurun seirin waktu, yang bisa menyebabkan pembakaran jika airbag diaktifkan. Hal itu menciptakan tekanan internal yang berlebihan ketika inflator diaktifkan, yang bisa menyebabkan inflator pecah," begitu dijelaskan dalam dokumen NHTSA.

Recall Takata ini hanya berimbas untuk mobil yang dpasarkan di amerika Serikat. Airbag yang bermasalah disebut yang dipasok sejak tahun 2001.

Menurut NHTSA, tahun lalu inflator yang terimbas tidak diganti cukup cepat, meskipun tingkat perbaikan meningkat 30 persen. NHTSA mengungkapkan, sepertiga dari kendaraan ayng ditarik masih belum diperbaiki dengan potensi jutaan orang berisiko cedera karena kesalahan.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami