10 Jenis Bendera dan Artinya selama Balapan Mobil Formula 1

Bendera yang dikibarkan selama balapan Formula 1 ada berbagai warna. Masing-masing memiliki arti tersendiri.

Selasa, 19 November 2019 18:45
10 Jenis Bendera dan Artinya selama Balapan Mobil Formula 1 Bendera balap F1 (Motor1)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Para pecinta olahraga balap pasti kerap melihat crew yang melambaikan bendera selama balapan berlangsung. Termasuk saat balapan MotoGP, Nascar, ataupun Formula 1 (F1).

Nah, bendera-bendera itu memiliki warna dan pattern berbeda-beda. Ada warna merah, kuning, biru, hijau, hitam, putih, serta kombinasi dari beberapa warna. Terutama warna-warna itu dipakai saat balap mobil F1.

Masing-masing warna bendera itu punya arti masing-masing. Melansir Zing, berikut arti masing-masing warna bendera dalam balap mobil F1.

1 dari 10 Halaman

Kuning

Kuning

Bendera warna kuning ini juga dipakai untuk balapan MotoGP dan Nascar, selain untuk F1. Ketika bendera kuning ini dikibarkan, artinya memberi tahu pembalap dalam bahaya. Pada lintasan, itu memberitahu untuk menurunkan kecepatan dan tidak mendahului.

Ketika bendera kuning berkibar pada saat yang sama dengan dua bendera, artinya bahwa trek sedang dalam masalah dan ada petugas penyelamat (Marshall) di trek. Pembalap tidak boleh menyalip satu sama lain.

2 dari 10 Halaman

Kuning Garis Merah

Kuning Garis Merah

Bendera kuning dengan garis-garis merah mengindikasikan adanya masalah pada permukaan lintasa, yang mana bisa menyebabkan selip. Biasanya, hal seperti itu terjadi karena adanya oli tumpah atau air tumpah.

3 dari 10 Halaman

Hijau

Hijau

Bendera hijau akan dikibarkan setelah bendera kuning. Artinya, memberitahukan kepada pembalap bahwa area berbahaya sudah selesai dan balapan kembali normal.

4 dari 10 Halaman

Biru

Biru

Ketika pembalao paling depan berhasil menyusul pembalap paling terakhir, bendera biru akan dikibarkan. Maka artinya, pembalap paling terakhir harus memberi jalan dan tidak menghalangi pembalap pertama.

5 dari 10 Halaman

Putih

Putih

Bendera warna putih harus dikibarkan ketika ada mobil penyelamat di lintasan. Atau, bendera putih juga mengindikasikan bahwa mobil wajib memperlambat laju.

6 dari 10 Halaman

Merah

Merah

Bendera merah mengindikasikan bahwa balapan harus berhenti. Biasanya, bendera merah ini dipakai ketika ada kecelakaan yang menyebabkan lintasan ditutup atau cuaca yang terlalu buruk untuk balapan.

7 dari 10 Halaman

Hitam

Hitam

Bendera hitam ini dipakai bersama dengan nomor mobil balap, untuk menginformasikan bahwa kendaraan balap dikeluarkan dari kompetisi. Setelah melihat bendera ii, pengemudi dipaksa untuk melaju ke Paddock dan dianggap tidak menyelesaikan balapan.

8 dari 10 Halaman

Titik Oranye

Titik Oranye

Mirip dengan bendera hitam, bendera dengan titik oranye akan dipakai juga disertai dengan nomor mobil. Ketika bendera ini dikibarkan, artinya pembalap harus menuju ke Paddock secepatnya lantaran adanya kesalahan teknis pada kendaraan yang bisa berimbas pada keselamatan dari pembalap dan mobil itu sendiri.

9 dari 10 Halaman

Setangah Hitam-Putih

Setangah Hitam-Putih

Bendera ini akan dikibarkan dengan nomor balap, ketika pembalap tidak sportif. Pembalap harus menghentikan balapan atau didiskualifikasi.

10 dari 10 Halaman

Kotak-kotak Hitam-Putih

Kotak-kotak Hitam-Putih

Bendera ini punya arti paling familiar. Bendera kotak-kotak warna hitam dan putih mengisyarakan bahwa balapan sudah selesai, alias sudah finish.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami