10 Fakta Unik dan Menarik 'Sang Banteng Besi' Lamborghini

Lamborghini merupakan satu dari sekian automaker dunia yang patut selalu diperhitungkan. Dalam kiprahnya selama di dalam dunia otomotif, Lamborghini (Lambo) selalu menghadirkan varian hebat dan istimewa.

Sabtu, 22 Februari 2014 16:30
10 Fakta Unik dan Menarik 'Sang Banteng Besi' Lamborghini Fakta-Fakta Lamborghini

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Lamborghini merupakan satu dari sekian automaker dunia yang patut diperhitungkan. Dalam kiprahnya selama ini di dalam dunia otomotif, Lamborghini (Lambo) selalu menghadirkan varian hebat dan istimewa yang selalu menarik perhatian dunia. 

Lamborghini Aventador

Berbalut tampilan fisik elegan dengan otot-otot yang selalu ditonjolkan, sekaligus dipadu dengan luxury interior seolah selalu menjadi identitas tersendiri bagi si Lambo. Namun dibalik fakta tersebut, automaker ini memiliki berbagai macam rahasia yang tidak banyak orang ketahui.

Lamborghini Urus

Pernahkan mendengar nama Lamborghini Urus? Ide dari munculnya SUV tersebut rupanya berawal dari mobil perang yang sempat mengalami gagal produksi. Hingga pada waktu itu Lamborghini seolah menjadi automaker yang terlupakan.

Fakta-fakta unik dan menarik apa lagikah yang menyertai perjalanan kesuksesan Lamborghini hingga merajai dunia otomotif saat ini? Berikut penelusuran mendalamnya.  







1 dari 10 Halaman

Lamborghini Cheetah

Lamborghini Cheetah

Sebelum menjual supercar seperti tipe-tipe yang ada sekarang ini, Lamborghini pernah menjual produk mereka dalam model Hummer. Varian ini sejatinya dijual kepada militer Amerika serikat untuk dijadikan senjata perang.

Produksi pertamanya dilakukan pada tahun 1977 bernama Lamborghini Cheetah. Menariknya, pemerintah Amerika Serikat akhirnya mengontrak Lamborghini untuk mendesain protypenya. Namun, akhirnya Lamborghini harus putus harapan karena posisi mesin belakang yang tidak nyaman.

Hal tersebut sangat berpengaruh pada handling dan akselerasi saat dijalankan. Satu-satunya Cheetah yang mereka ciptakan justru hancur di tengah hutan saat dilakukan uji coba.

2 dari 10 Halaman

Mobil Polisi

Mobil Polisi

Di Italia, Kepolisian setempat menggunakan Lamborghini Gallardo yang sudah ditunning sebagai kendaraan tempur mereka. 

Supercar hasil rombakan pada sektor mesin tersebut mampu melesat hingga 100 km/h dalam waktu kurang dari 4 detik. Tidak hanya soal kecepatan, tapi Gallardo spesial ini ternyata juga dilengkapi fasilitas yang cukup mumpuni.

Salah satu fitur hebatnya adalah kamera luar yang sanggup mendeteksi plat nomor setiap kendaraan yang ditemui. Dengan fitur 
tersebut, Polisi bisa dengan mudah mengenali pemilik kendaraan yang mereka curigai.

3 dari 10 Halaman

100 Pekerja

100 Pekerja

Pembuatan sebuah supercar hebat memang berbeda jika dibanding produk-produk yang diproduksi secara masal. Supercar biasanya dirakit langsung oleh tangan-tangan manusia tanpa banyak menggunakan fasilitas alat berat. Oleh karena itulah produksi mereka tidak sebanyak mobil-mobil lainnya.

Karena keunikan Lamborghini yang detail dan presisi, seperti yang dikemukakan oleh therichest, diperlukan setidaknya 100 orang untuk menyelesaikan satu unit mobil. Sebagai contoh adalah Lamborghini Murcielago SV yang membutuhkan 130 pekerja untuk menyelesaikannya.

4 dari 10 Halaman

8 Supercar Perhari

8 Supercar Perhari

Lamborghini memang tidak terlalu sering mengeluarkan varian baru dalam setiap tahunnya. Hal ini merupakan bentuk pertahanan mutu dan pengendalian kualitas akan keistimewaan yang mereka miliki. Mereka pun tentunya selalu membatasi setiap penjualannya.

Pada tahun 2011, Lamborghini meluncurkan 1711 supercar dan memperkerjakan sekitar 800-an pegawai.

 

5 dari 10 Halaman

Logo

Logo

Logo banteng liar yang menjadi kebanggaan Lamborghini sejatinya bukan mengartikan kecepatan dan kekuatan, tapi awal mulan logo tersebut berasal dari astrology dari sang pemilik perusahaan, Ferruci Lamborghini, yang memang memiliki bintang taurus.

Saat mempertimbangkan soal logo, Ferruci berpikir bahwa banteng sangat cocok dengan karakter fisik bengal dan sifat yang tahan banting. Oleh karenanya ia memilih nama-nama Lamborghini berhubungan dengan banteng dan kekuatan dahsyat seperti Diablo, Gallardo, Murcielago dan Miura.

6 dari 10 Halaman

Lamborghini Traktor

Lamborghini Traktor

Meskipun Ferruccio Lamborghini adalah seorang mekanik sebuah perusahaan pesawat terbang di Italia, Royal Air Force, misinya dalam menempuh dunia bisnis adalah menciptakan perusahaan traktor. Ferrucio dianggap cukup sukses dengan mengirimkan banyak produkannya ke perusahaan-perusahaan besar selama Perang Dunia II.

Pada saat itu, Lamborghini juga punya kerjasama yang baik dengan automaker lain melalui investasi di produsen kendaraan mewah seperti Rolls Royce, Maserati, Alfa Romeo dan Mercedes-Benz.

7 dari 10 Halaman

Pemilik Lambo Pecinta Ferrari

Pemilik Lambo Pecinta Ferrari

Pemilik Lamborghini ternyata adalah seorang yang mencintai supercar produksi Ferrari. Ferrucio dalam sejarahnya pernah memiliki Ferrari 250GT pada tahun 1958. Namun ia merasa kecewa dengan produk tersebut karena mesin yang berisik dan pengendalian akselerasi yang kurang nyaman.

Ferruccio menyadari kelemahan utama dari ketidaknyamanan mobil-mobil yang ada saat itu terletak pada sistem kopling. Ia juga menemukan bahwa kopling yang dipakai oleh Ferrari ternyata sama dengan yang dipakai oleh traktor buatannya. Dari situlah ia memutuskan untuk membuat sportcar-nya sendiri yang tentu saja dengan hasrat akan lebih baik dari yang lainnya.

 

8 dari 10 Halaman

Yang Terlupakan

Yang Terlupakan

Lamborghini pernah menjadi automaker yang terlupakan karena mengalami gagal produksi, yakni SUV Cheetah seperti pada page-1. Setelah varian tersebut tidak diproduksi, Lambo beralih untuk menerbitkan LM002 bermesin depan V12 pada tahun 1986.

Nama pendek Lambo LM002 ini adalah Rambo Lambo yang tersedia untuk mobil sipil dan militer. Versi sipilnya memiliki fasilitas mewah seperti power window yang ditambah dengan kenyamanan interior berbahan kulit. Dari desain inilah yang ternyata mengilhami munculnya ide produksi Lamborghini Urus dengan tenaga 584 hp.

9 dari 10 Halaman

Pre-Sold Pre-Launching

Pre-Sold Pre-Launching

Untuk menjaga kesan spesial yang selalu mereka tonjolkan, Lambo pernah punya kebiasaan menjual mobil konsepnya meski belum diproduksi secara resmi. Jika konsumen menginkan desain terbaru yang Lamborghini tawarkan, mereka harus segera menuju pabrik automaker besar ini dan memesan sendiri sebelum akhirnya produk tersebut dirilis.

10 dari 10 Halaman

Produsen Supercar Termahal di Dunia

Produsen Supercar Termahal di Dunia

Dengan menyiapkan uang sebesar US$ 3,9 juta atau setara dengan Rp 45,8 miliar, konsumen baru bisa mendapatkan sang legenda supercar Lamborghini Veneno. Dengan demikian, tentu saja semakin memperkokoh posisi Lamborghini sebagai automaker yang memproduksi mobil termahal di dunia.

Beranjak dari harganya yang selangit, patokan tersebut ternyata menyalip harga yang pernah dimiliki Bugatti Veyron US$ 2,4 juta (Rp 28 miliar) dan McLaren F1 seharga US$ 1 juta (Rp 11,7 miliar).

Sebagai informasi, Lamborghini Veneno mengantongi dapur pacu V12 berkapasitas 6.5 liter dengan gelontoran tenaga hingga 740 hp. Performa tersebut sanggup memacunya mulai dari posisi diam dan melesat hingga 100 km/h dalam waktu 2.8 detik.

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami