1 Unit MINI Terjual Per Hari

MINI memilih masuk ke pasar mobil kecil premium (pasar small premium). Strategi ini terbukti berhasil dengan penjualan mencapai 365 unit tahun 2012 ini.

Rabu, 12 Desember 2012 20:45
MINI Roadster dan Coupe, dua model yang belum lama diluncurkan di Jakarta. (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton

Otosia.com - Pertumbuhan bisnis otomotif di Indonesia dewasa ini cukup menggiurkan bagi pabrikan otomotif dunia, termasuk brand premium. Setiap tahun bisnis otomotif Indonesia naik mencapai 10% per tahun. Dari prosentase tersebut, bisnis mobil kecil mencapai 18% per tahun, sedangkan pertumbuhan bisnis untuk mobil premium mencapai 87% per tahun.

Salah satu merek yang turut mencicipi geliat pertumbuhan otomotif di Tanah Air adalah brand premium MINI. MINI memilih masuk ke pasar mobil kecil premium (pasar small premium). Strategi ini terbukti berhasil dengan penjualan mencapai 365 unit tahun 2012 ini.

Hasil ini membuat market share MINI di pasar mobil small premium mencapai 45%. Dari model yang dijual di Indonesia, MINI paling laris dipinang konsumen adalah tipe hatchback dengan kontribusi sebesar 50%. Sementara paling laku kedua diduduki model Countryman.

"Ini merupakan tahun yang istimewa bagi MINI di Indonesia, dengan rata-rata penjualan satu unit per hari. Respon pasar yang luar biasa menunjukkan bahwa upaya kami mengenalkan brand unik ini berhasil dengan baik," kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, di sela-sela peluncuran brand campaign NOT NORMAL kepada media di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

"Di tengah sempitnya pasar mobil mewah di Indonesia, MINI berhasil mendapatkan posisi yang unik, dengan konsep yang tak tertandingi oleh  brand lain mana pun," kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, di sela-sela peluncuran brand campaign 'Not Normal' kepada media di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi serta berkembangnya kelas menengah di Indonesia, permintaan akan mobil kecil premium yang unik dan dapat memenuhi kebutuhan ekspresi diri ini juga meningkat. "Penjualan tahun depan ditargetkan mencapai double digit," tandas Ramesh, optimistis.

(kpl/nzr/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami